• Tanggal: 16 September 2019

TAMAN DIGITAL DI LAPANGAN BERINGIN SUBULUSSALAM SUDAH BISA DIAKSES

Kategori : Berita Kota Senin, 04 Juli 2016 - Oleh admkota

TAMAN DIGITAL DI LAPANGAN BERINGIN SUBULUSSALAM SUDAH BISA DIAKSES

Laporan Jurnalis Pemko|Subulussalam
Subulussalamkota.go.id, Subulussalam-

Sabtu (2/7) Taman Digital atau Taman Wifi gratis yang berada di lapangan beringin Subulussalam sejak dua minggu yang lalu sudah bisa diakses oleh pengguna internet. Keberadaan Taman Digital di lapangan beringin menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Subulussalam yang butuh terhadap informasi, komunikasi dan hiburan.  Aktifasi Taman Digital ini eksis atas kerjasama antara Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telematika Aceh, Telkom Indonesia dan Dinas Perhubungan, Telematika dan Pariwisata  Kota Subulussalam yang dananya bersumber dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telematika Aceh.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Telematika dan Pariwisata Kota Subulussalam Muhsin, SH katakan, ucapan terima kasih kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telematika Aceh yang telah menghidupkan kembali Taman Digital di Kota Subulussalam yang sebelumnya tidak aktif. Dengan perangkat yang terbaru tentunya akses wifi gratis ini bisa diakses lebih cepat dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Subulussalam yang butuh terhadap informasi, komunikasi dan hiburan. Tentunya keberadaan Taman Digital perlu dijaga oleh semua pihak keberadaan perangkat, sarana dan prasarana dan kebersihan lingkungannya. Pemanfaatan wifi gratis juga agar dimanfaatkan pengguna dengan mengakses hal-hal positif, hindari mengakses yang tidak bermanfaat.   

Iapun menambahkan, harapan kami kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telematika Aceh agar tahun 2017 Taman Digital di Kota Subulussalam bisa bertambah sehingga masyarakat Kota Subulussalam bisa menikmati akses wifi gratis di semua kecamatan dalam Kota Subulussalam.

Zainal Abidin, SH Kabid Telematika Dinas Perhubungan, Telematika dan Pariwisata Kota Subulussalam  katakan, sesuai pasal 14  huruf c Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggara Telekomunikasi bahwa penyelenggaraan jasa multimedia adalah penyelenggara Jasa telekomunikasi yang menawarkan layanan berbasis tehnologi informasi termasuk didalamnya antara lain penyelenggaraan jasa voice over internet protocol (VoIP), Internet dan Intranet, komunikasi data , konperensi video dan jasa video hiburan. Penyelenggaraan jasa multimedia dapat dilakukan secara jual beli. Diberbagai daerah dan media banyak concern mengenai bagaimana potensi internet bagi komunitas dan masyarakat. Dunia kreatif melihatnya positif dan juga kalangan generasi muda banyak juga memanfaatkan internet dengan game center. Banyak orang tua yang concern jika anaknya menjadi kecanduan karena game center. Itulah sebabnya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI membuat inisiatif " INTERNET SEHAT " dan juga rambu-rambu internet di Peraturan Nomor 26/Perim.Kominfo/15 /2007 tentang Pengamanan Pemanfaatan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Protokol Internet.

Ia juga menambahkan, keberadaan warung internet, game online, kafe berwifi  di Kota Subulussalam telah mendukung program Pemerintah Kota Subulussalam dibidang informasi, komunikasi dan hiburan termasuk Taman Digital yang dikelola oleh  Bidang Telematika. Terkait penyalahgunaan fungsi internet semua pihak harus bertanggungjawab baik pemerintah, pemilik usaha internet,  masyarakat dan orang tua untuk selalu memantau, membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan internet termasuk handphone apalagi kita Aceh bersyariat islam. Mari kita manfaatkan internet menjadi ladang da'wah dan syiar islam bukan ladang maksiat.