• Tanggal: 16 September 2019

SEKRETARIS DAERAH KOTA SUBULUSSALAM PEUSEJUK DAN MELEPAS JAMAAH HAJI KOTA SUBULUSSALAM

Kategori : Berita Kota Kamis, 28 Juli 2016 - Oleh admkota

Laporan Jurnalis Pemko|Subulussalam
Subulussalamkota.go.id, Subulussalam-

Kamis (28/7) Sebanyak 18 Calon Jamaah Haji Asal Kota Subulussalam terdiri dari 6 Calon Jamaah Haji Embarkasi Aceh dan 12 Calon Jamaah Haji Embarkasi Medan dipeusejuk dan dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM di Masjid Assilmi Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam.

Marwan, S. Ag. MM Kepala Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kota Subulussalam mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam katakan, dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2016/ 1437 H Kementerian Agama telah melakukan perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan haji dalam berbagai hal termasuk akomodasi dan pemondokan. Pemondokan yang jauhnya 2 Km dari masjidil Harom Makkah, pemerintah telah menyediakan bus bagi jamaah, sehingga para jamaah agar dapat menyesuaikan diri terhadap jadwal pemjemputan bus. Ia juga mengingatkan kepada para jamaah agar menjaga kondisi tubuh, karena cuaca disana diperkirakan antara 40 - 50 derajat celcius. Terkait politik di Timur Tengah yang kurang kondusif, ia juga mengingatkan agar jangan terprovokasi atau ikut-ikutan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab termasuk masalah politik dalam negeri Indonesia sendiri, fokuskan diri kita untuk beribadah, ujarnya.   

H. Damhuri, SP. MM Sekretaris Daerah Kota Subulussalam mewakili Walikota Subulussalam mengatakan kepada para calaon jamaah haji Kota Subulussalam, kita sangat mengerti bahwa perintah haji adalah perintah wajib bagi yang mampu untuk menunaikannya. Dalam menunaikan ibadah haji laksanakanlah sesuai tuntutanan ibadah haji. Haji yang kita laksanakan semoga menjadi haji yang mabrur. Dalam Hadits dikatakan, yang artinya  " Haji yang mabrur tidak ada balasan setimpal kecuali surga "  Fokuskan diri dalam melaksanakannya untuk menjadi haji yang mabrur. Isilah kegiatan kita dengan amalan-amalan yang bermanfaat, upayakan tetap sholat di masjid Nabawi dan Masjidil Harom. Tekadkan diri kita menghatamkan bacaan Al quran. Dituntut juga kesabaran disemua tempat dan tahapan, ini kunci sukses menjadi haji mabrur.

Diakhir sambutannya ia memohon maaf  kepada para calon jamaah haji karena Pemerintah Kota Subulussalam belum bisa memberikan yang terbaik. Ia pun meminta agar Keluarga yang ditinggalkan mengikhlaskan orang tuanya yang diikuti dengan doa. Doakan juga kepada sanak famili yang belum haji agar bisa berhaji, dan semoga para calon jamaah haji bisa selamat dalam menunaikan ibadah demikian juga kami di Kota Subulussalam. Titip doa agar Subulussalam menjadi negeri baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

Ia pun menambahkan, agar zakat ditunaikan, betapa naifnya kita berhaji namun kita lalai dalam membayar zakat. Ini salah besar, apabila belum bayar zakat agar segera dibayarkan.

Turut hadir, Ketua MPU Kota Subulussalam H. Qaharuddin, Para Kepala SKPK, Camat Simpang Kiri, Kepala Kampong Subulussalam, para anggota Ikatan Persaudaran Haji Kota Subulussalam.