WALIKOTA RESMIKAN KAMPONG KB AMANAH DI DESA LAE IKAN

Kategori : Berita Kota Jumat, 01 Desember 2017 - Oleh admkota

WALIKOTA RESMIKAN KAMPONG KB AMANAH DI DESA LAE IKAN

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Penanggalan, Info Publik-Pencanangan Kampong KB yang kempat kalinya oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Kota Subulussalam, Kampong KB Amanah Di Desa Lae Ikan Kecamatan Penanggalan diresmikan oleh Walikota Subulussalam H. Merah Sakti, kamis (30/11).

Beberapa pejabat yang hadir antara lain, Ketua MPU Kota Subulussalam Drs. Azharuddin. Kepala Dinas P3AKB Dr. Akmal Jawardi selaku penyelenggara, Para kepala SKPK dan Kabag di lingkungan Setdako Subulussalam, Dansub POM Kapt. CPM Muryanto, Danki Brimob AKP Nurdin, Muspika Penanggalan, Kepala Puskesmas, Petugas Klinik KB dan Bidan Desa Lae Ikan.

Para Kepala Kampung dalam Kecamatan Penanggalan, Ketua TP PKK Kota , Kecamatan dan Desa dalam Kecamatan Penanggalan, PLKB se Kota Subulussalam, tokoh masyarakat, agama, wanita dan pemuda desa dan Babinsa Lae Ikan.

Dr. Akmal Jawardi mengatakan dalam laporannya bahwa kampung KB adalah satuan wilayah setingkat kelurahan, desa, RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana diterapkannya keterpaduan program KKBPK serta pembangunan berbagai sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis, terdapat kriteria utama, kriteria wilayah dan kriteria khusus dalam penetapan sebuah kampung KB, pungkasnya.

Dasar pelaksanaan pencangan kampung KB Suka Maju berdasarkan Keputusan Walikota Subulussalam No. 188.45/215/2017 tgl 01 Agustus 2017 tentang Penunjukan Desa Pencanangan Kampung KB Kota Subulussalam Tahun 2017.

Kampung KB Lae Ikan ini merupakan kampung KB ke 4 yang diresmikan di Kota Subulussalam Tahun 2017, dan akan disusul terakhir Kampung KB Sepang kec. Longkib minggu depan.

Dalam sambutannya Kepala Kampong Lae Ikan Haryanto Solin menyampaikan terima kasih kepada Walikota yang telah menetapan Desa Lae Ikan ini menjadi kampung KB semoga kedepan lebih memperhatikan pembangunan didesanya, ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Haryanto melaporkan jumlah penduduk sebanyak 350 jiwa dan 80 KK dan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Subulussalam yang telah membangun rumah layak huni untuk warga Lae Ikan dan telah memberikan bantuan meteran listrik PLN sebanyak 16 unit, tapi menurutnya masih kekurangan 14 unit lagi. Ia berharap kekurangan meteran listrik bisa dibantu oleh Walikota termasuk pengaspalan dan pembuatan parit jalan, pintanya.

Dalam arahannya, Walikota menguraikan panjang lebar makna 8 fungsi keluarga dalam program KKBPK ini antara lain: fungsi Agama, fungsi Sosial Budaya, fungsi Cinta Kasih, fungsi Perlindungan, fungsi Ekonomi, fungsi Pendidikan, fungsi Lingkungan, dan fungsi Reproduksi,

” Istilah lama yang menyatakan banyak anak banyak rezeki itu sudah keliru. ” Sekarang ini memiliki anak yang sedikit justeru dapat kita penuhi kebutuhannya sehingga dapat rtumbuh dan berkembang dengan baik dan lebih berkualitas, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Sakti menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar memprogramkan penanaman pohon bambu dilereng-lereng desa Lae Ikan untuk memperkuat struktur tanah agar menghindari longsor.

Dinas Pendidikan agar melengkapi segala kebutuhan dan fasilitas di SMPN 2 Lae Ikan seperti gedung kantor dan lapangan olah raganya, demikian juga dengan instansi terkait dalam lintas sektor dan seluruh masyarakat agar mendukung percepatan pembangunan di kampung KB Desa Lae Ikan ini, pintanya.