WAKIL WALIKOTA SUBULUSSALAM BUKA MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN RUNDENG

Kategori : Berita Kota Rabu, 15 Maret 2017 - Oleh admkota

WAKIL WALIKOTA SUBULUSSALAM BUKA MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN RUNDENG

Laporan Jurnalis Pemko Subulussalam-
Subulussalamkota.go.id, Rundeng

Rabu (15/3) Bertempat di Aula Kecamatan Rundeng seluruh Kepala Desa Kecamataan Rundeng Kota Subulussalam mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Rundeng. Anggota DPRK Subulussalam Dapil Rundeng hadir diantaranya Ketua DPRK Subulussalam Hariansyah, Jumadin, Usman Kahar, Sekretaris Bappeda Elviadi, M. Hum selaku leading sektor, Kepala SKPK, dan Muspika Rundeng.

Camat Rundeng Irwan Faisal, SH katakan,  tahapan musrenbang sudah kita laksanakan dari tingkat  yang paling bawah. Pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi prioritas kami dalam program usulan Musrenbang di Kecamatan Rundeng sebagaimana anjuran atau petunjuk dari atas. Ada salah satu program yang akan kita munculkan di Kecamatan Rundeng yaitu pembuatan batu bata. Potensi bahan baku yang tersedia dan kebutuhan masyarakat dalam membangun rumah sangat tinggi maka prospek ekonomi masyarakat di Kecamatan Rundeng akan meningkat. Berharap Pemerintah Kota Subulussalam dapat mendukung program unggulan tersebut, ujar Faisal.

Seketaris Bappeda Kota Subulussalam Elviandi, M. Hum  katakan, hasil pembahasan Musrenbang Tingkat Kecamatan nantinya akan dibahas di forum SKPK . Dalam membuat sebuah perencanaan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, apabila partisipasi mereka tidak ada maka ini menjadi persoalan.  Dalam membuat program perencanaan haruslah sinergi antara desa, kecamatan dan kota. Perhatikanlah visi misi Kepala Daerah, tata ruang wilayah, dan juga program jangan tumpang tindih. Dalam pembahasan Musrenbang kita nantinya akan dibagi dalam 3 (Tiga) pokja, pokja 1 tentang pemerintahan dan ekonomi, pokja 2 tentang sarana dan prasarana dan pokja 3 tentang sumber daya Aceh.

Dalam sambutannya  Ketua DPRK Subulussalam Hariansyah sangat sepakat dengan apa yang dikatakan oleh Camat Rundeng terkait produk unggulan masyarakat Rundeng yaitu pembuatan batu bata. Batu bata saat ini sangat dibutuhkan di Kota Subulussalam. Apabila potensi ini dikembangkan oleh lapisan masyarakat di beberapa desa di Rundeng maka saya yakin ekonomi masyarakat Rundeng akan meningkat dan berkembang. Ia pun meminta kepada SKPK apabila ada pembangunan di Kecamatan Rundeng yang dilakukan oleh SKPK batu batanya ambil saja dari warga Rundeng, ujar Ketua DPRK.

Wakil Walikota Subulussalam  Drs Salmaza, MAP dalam arahannya mengingatkan kepada semua perangkat desa  untuk mengelola dana desa  dengan sebaik-baiknya, jangan coba-coba mencari keuntungan untuk pribadi.  Dalam mendukung suksesnya pembangunan di desa adalah terciptanya keharmonisan antar perangkat desa, BPK dan seluruh masyarakat, inilah modal utama pembangunan. Tatkala desa selalu ribut, konflik antar perangkat desa atau antar warga maka pembangunan desa akan mundur. Pemerintah Kota Subulussalam akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Subulussalam, pembangunan sarana dan prasana fisik dan non fisik terus dilanjutkan. Pembangunan jalan lintas rundeng tembus ke krueng luas Aceh Selatan akan direalisasikan tahun ini , sehingga warga tidak lagi menggunakan jalan milik perkebunan sawit. Rundeng akan menjadi wilayah yang strategis dan dipastikan ekonomi akan meningkat.  Lalu lintas warga dan kendaraan dari dan menuju  Subulussalam Tapaktuan  melalui Rundeng. Apabila daerah kita ini menjadi ramai orang maka kita sebagai warganya harus menjaga wilayahnya dari kejahatan orang lain yang akan mengintai kita. Menjelang pemilihan Kepala Desa di tahun 2017 ini mari kita sukseskan proses demokrasi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita. Berpikirlah positif terhadap orang lain, tutur Wakil Walikota.