PEMERINTAH KOTA SUBULUSSALAM MEMPERINGATI NUZULUL QUR’AN 1438 H / 2017 M TINGKAT KOTA SUBULUSSALAM

Kategori : Berita Kota Selasa, 13 Juni 2017 - Oleh admkota

PEMERINTAH KOTA SUBULUSSALAM MEMPERINGATI NUZULUL QUR’AN 1438 H / 2017 M TINGKAT KOTA SUBULUSSALAM

Laporan Jurnalis Pemko Subulussalam-

www.subulussalamkota.go.id, Subulussalam

Senin ( 12/6 ) Jajaran Pemerintah Kota Subulussalam dan jamaah Masjid Assilmi Subulussalam menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran 1438 H /2017 M Tingkat Kota Subulussalam yang giliran lokasi menurut kesepakatan antara Dinas Syariat Islam Kota Subulussalam dan PHBI Kota Subulussalam bertempat di Masjid Assilmi Subulussalam dengan pencermah Ust. Qaharudin Kombih. Pejabat yang hadir antara lain Walikota Subulussalam Drs.Salmaza, MAP, Wakil Ketua DPRK Subulussalam Fajri Munte dan beberapa anggota lainnya, Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM, pejabat eselon II, III, dan IV dan jajaran Pejabat TNI/Polri.

Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP katakan, peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan pada malam 17 ramadhan diseluruh belahan dunia islam termasuk di Kota Subulussalam melaksanakan peringatan Nuzulul Quran. Peristiwa atau sejarah turunnya Al quran yang kita peringati ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk mengingat tentang sejarah turunnya Al quran. Turunnya Al quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril as surat yang pertama diturunkan adalah surat Al Alaq. Al quran sebagai pedoman hidup kita umat islam haruslah dibumikan dalam diri kita semua. Apabila kita menjalankan syariat sesuai Al quran maka hidup kita akan terarah, tenang dan damai. Dengan kita mencintai Al quran, membacanya, memahaminya dan mengamalkannya maka Al quran akan menjadi penolong kita kelak di alam akhir.

Namun sangat disayangkan diantara kita umat islam terlena, mengikuti arus duniawi meninggalkan ajaran Al quran yang menjadi pedoman hidupnya. Disadari atau tidak apabila kita telah jauh dari Al quran maka akan bisa merugi sepanjang hidupnya. Berharap melalui peringatan ini kita kembali membumikan Al quran dalam diri kita.

Ia juga mengingatkan, Subulussalam sebagai daerah transit wilayah Aceh Barat Selatan bisa memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, malah sebaliknya juga bisa mengakibatkan daerah kita menjadi rawan kejahatan yang luar biasa. Kondisi seperti ini harus menjadi kesadaran bersama seluruh stakeholder, buktinya pada saat razia warnet yang dilakukan oleh Badan Narkotika Kota Subulussalam ditemukan pemakainya adalah masih siswa SMP. Persoalan seperti ini harus menjadi perhatian dan tanggungjawab kita bersama agar Kota Subulussalam terhindar dari bala, ujar Wakil Walikota Subulussalam.

Ust. Qaharuddin Kombih dalam ceramahnya katakan, Al quran sebagai kitab suci umat islam memilikIi keistimewaan dibandingkan kitab-kitab lainnya, Keistimewaan yang pertama adalah tidak ada seorangpun yang mampu membuat serupa al quran, makanya Al quran itu dijaga oleh Allah SWT. Kedua, isi yang terkandung dalam Al quran isinya fitrah dan petunjuk bagi umat manusia dan ketiga isinya tidak bertentangan dengan ayat lainnya dalam Al quran.