PENCANANGAN KAMPONG KB "MAJU BERSAMA" DESA SUKA MAJU DIRESMIKAN

Kategori : Berita Kota Selasa, 21 November 2017 - Oleh admkota

PENCANANGAN KAMPONG KB "MAJU BERSAMA" DESA SUKA MAJU DIRESMIKAN

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Sultan Daulat, Info Publik- Jajaran Pejabat Pemerintah Kota Subulussalam, Muspika Sultan Daulat, Kepala Kampong dan Ketua TP PKK se- Kecamatan Sultan Daulat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokot perempuan, tokoh pemuda dan elemen lain menghadiri peresmian pencanangan Kampong KB ” Maju Bersama ” Kampong Suka Maju Kecamatan Sultan Daulat oleh Walikota Subulussaam yang diwakili Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan H. Masri, SP, senin (20/11).

Dr. Akmal Jawardi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kota Subulussalam selaku penyelenggara katakan, kampong KB adalah satuan wilayah setingkat kelurahan, desa, RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana diterapkannya keterpaduan program KKBPK serta pembangunan berbagai sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Terdapat kriteria utama, kriteria wilayah dan kriteria khusus dalam penetapan sebuah kampong KB, ungkapnya.

Menurutnya, Kampung KB Suka Maju ini merupakan kampong KB ketiga yang diresmikan di Kota Subulussalam, dan akan disusul oleh 3 desa di tiga kecamatan lainnya. Dasar pelaksanaan pencangan kampong KB Suka Maju berdasarkan Keputusan Walikota Subulussalam Nomor 188.45/215/2017 tanggal 1 Agustus 2017 tentang Penunjukan Desa Pencanangan Kampong KB Kota Subulussalam Tahun 2017, pungkas dr. Akmal.

Camat Sultan Daulat Mulyadi. SIP mengapresiasi pencanangan Kampong KB yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Kota Subulussalam.

Dikatakannya masih banyak kampong yang kategori tetinggal di wilayah Kecamatan Sultan Daulat, sehingga program seperti ini harus terus berlanjut jangan berhenti sampai peresmian saja. Melalui peresmian ini diharapakan pencapaian tujuan program bisa terwujud dan nilai positif bagi masyarakat terpenuhi, kilahnya.

Pelaksanaan program kampung KB harus dilakukan secara bersama-sama lintas sektor terkait, dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan keluarga dan masyarakat di kampong KB ini, ungkap Drs. Sahidal Kastri, M.Pd Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh.

Ikhtiar menuju keluarga kecil dan sejahtera dimaksudkan untuk mencapai hari depan yang lebih baik. Jangan sampai kita hari ini lebih jelek dari kemarin dan hari esok lebih jelek dari hari ini. Putra-putri kita harus tumbuh sehat, cerdas dan kuat.

Menurutnya ada tiga hal yang bisa menolong dan menjaga kita ketika meninggal yakni, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak-anak yang sholeh. Semua stakeholder berperan dan bertanggungjawab untuk tercapainya program ini, ungkapnya.

Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan H. Masri, SP mewakili Walikota Subulussalam menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh dan rombongan ke Kota Subulussalam.

Saat ini Kota Subulussalam sedang berupaya keras memperbaiki indikator-indikator dalam program KKBPK. Melalui upaya ini kami berharap dapat menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di kota kami dibawah rata-rata nasional sehingga tercapai peningkatan kualitas hidup keluarga, ungkapnya dengan penuh semangat.

Program KKBPK di Kota Subulussalam diarahkan pada upaya pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk, untuk mewujudkan norma keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Sebab kami yakin keberhasilan progran pembangunan keluarga ini akan menjadi kekuatan pondasi pembangunan menyeluruh di Kota Subulussalam.

Menurutnya semua pihak, lintas sektor terkait dan seluruh masyarakat agar mendukung percepatan pembangunan di Kampung KB ” Maju Bersama ” Kampong Suka Maju ini, tanpa ada partisipasi dan dukungan warga tentunya program ini tak akan terwujud, pintanya.