BAGIAN HUKUM SETDAKO SUBULUSSALAM ADAKAN SOSIALISASI HUKUM

Kategori : Berita Kota Jumat, 08 Desember 2017 - Oleh admkota

BAGIAN HUKUM SETDAKO SUBULUSSALAM ADAKAN SOSIALISASI HUKUM

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Subulussalam, Info Publik- Sebanyak 75 peserta dari jajaran SKPK dalam Lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam mengikuti sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah diselenggarakan oleh Bagian Hukum Sekretariat daerah Kota Subulussalam, bertempat di Aula Simeulue Hermes One Hotel, jumat (8/12).

Menurut Supardi, SH Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Subulussalam selaku penyelenggara mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendukung SKPK dalam lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam agar menguasai mekanisme dalam pembuatan produk hukum daerah, pungkasnya.

” Dengan menguasai dan memahami pembuatan produk hukum daerah, banyak produk hukum yang dibuat oleh SKPK nantinya, ” pintanya.
Sementara Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Masri, SP mewakili Walikota Suulussalam mengatakan pemerintah pusat melakukan kontrol terhadap daerah termasuk dalam pembentukan produk hukum, pungkasnya.

Menurutnya dalam otonomi daerah, pemda memiliki kewenangan tertentu sesuai aturan termasuk pembentukan produk hukum daerah.
Pembentukan produk hukum daerah harus dikuasai oleh penyelenggara pemerintahan yaitu para Aparatur Sipil Negara. Apabila ASN daerah tidak menguasai dalam pembentukan produk hukum maka akan berpengaruh terhadap kebijakan daerah.

” Ikutilah meknisme dan aturan sehingga produk hukum daerah produktif dan bisa bermanfaat bagi daerah, ” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga ia berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti sosialiasi dengan serius dan bertanyalah sehingga materi yang disampaikan narasumber bisa dikuasai, pinta Masri, SP.