KETUA KIP ACEH RESMIKAN RUMAH PINTAR PEMILU SADA KATA SUBULUSSALAM

Kategori : Berita Kota Kamis, 14 Desember 2017 - Oleh admkota

KETUA KIP ACEH RESMIKAN RUMAH PINTAR PEMILU SADA KATA SUBULUSSALAM

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Subulussalam, Info Publik- Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh (KIP) Ridwan Hadi, SH meresmikan Rumah Pintar Pemilu Sada Kata Subulussalam, bertempat di Aula KIP Kota Subulussalam, kamis (14/12).

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam Drs. Syarkawi Nur mengucapkan ribuan terima kasih kepada Ketua KIP Aceh yang telah hadir dalam meresmikan Rumah Pintar Pemilu Sada Kata Subulussalam, pungkasnya.

Menurutnya, Rumah Pintar Pemilu yang dinamai Sada Kata ini terbuka dan disediakan untuk publik. Didalamnya ada informasi terkait pemilu, nantinya berharap RPP ini juga menjadi pusat edukasi tentang pemilu, harapnya.

Ridwan Hadi, SH Ketua KIP Aceh ungkapkan saat pertama kalinya datang ke Subulussalam pada saat Pilkada Kota Subulussalam Tahun 2013 dalam suasana yang mencekam adanya pro dan kontra pelaksanaan pilkada saat itu, namun Pilkada tahun 2018 mendatang saya yakin dalam suasana yang sejuk dan damai, pintanya.

Rumah Pintar Pemilu yang akan kita resmikan merupakan salah satu langkah KPU untuk menjadikan demokratis atau pemilu yang berkualitas. Untuk mewujudkaan pemilu yang berkualitas ada lima komponen pendukung antara lain ; pertama adanya penyelenggara, kedua adanya pemilih, ketiga adanya peserta, keempat adanya anggaran dan kelima adanya regulasi.

Kelima komponen tersebut tentunya memiliki porsi yang berbeda-beda, tentunya hal yang positif dan baik. Menjadi penyelenggara pemilu maka harus professional, independen, tidak berihak, menjadi pemilih haruslah cerdas jangan karena iming-iming duit atau lainnya bisa dirayu.

Menjadi peserta pemilu juga haruslah cerdas, bermoral, berkualitas dan lainnya, dan untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu haruslah didukung dengan anggaran yang memadai dan terakhir tentunya ada regulasi yang mengatur pelaksanaan pemilu tersebut, pungkasnya.

” Kelima komponen itu saling mendukung dan tidak bisa dipisahkan, ” ucap Hadi.

Rumah Pintar Pemilu Sada Kata Subulussalam adalah salah satu dari 9 kabupaten/kota se-Aceh yang menjadi pengharapan terwujudnya pemilu yang demokratis dan berkualitas. ” Jadikanlah RPP ini sebagai pusat informasi dan edukasi tentang pemilu, ” pintanya.

Diakhir penyampaiannya, Ridwan Hadi berharap kepada Komisioner KIP Kota Subulussalam agar mengisi Rumah Pintar Pemilu dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk tujuan demokrasi yang berkualitas dengan melakukan diskusi-diskusi atau sosialiasi bekerjasama dengan instansi lain seperti Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Subulussalam serta dikunjungi oleh anak-anak TK, SD hingga SMA agar mengetahui informasi tentang pemilu, tutur Ridwan Hadi.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Wakil Ketua DPRK Subulussalam Hj. Mariani Harahap, Ketua Panwaslu Kota Subulussalam Suhendri, SKM, Ketua dan Komisioner KIP Kota Subulussalam, , beberapa Perwakilan Kepala SKPK, Kepala SMAN Unggul Subulussalam, Sekretaris KIP Kota Subulussalam, anggota PPK, Ketua PPS se-Kota Subulussalam, serta siswa-siswi SMA.