SEKDA LAUNCHING APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES)

Kategori : Berita Kota Kamis, 28 Desember 2017 - Oleh admkota

SEKDA LAUNCHING APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES)

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, info publik-Sekretaris dan bendahara desa se-Kota Subulussalam mengikuti pelatihan aplikasi sistem keuangan desa yang dilaunching oleh Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP, MM, bertempat di Aula Hermes One Subulussalam, rabu (27/12).

Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM dalam arahannya mengatakan dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. 

Begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu, pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan, pungkasnya.

Desa hari ini sangat jauh berbeda dengan desa pada masa lalu, anggaran desa sangat besar maka tata kelolanya pun harus lebih baik. Itulah tantangan yang harus dilaksankan desa beserta perangkatnya, ungkap Sekda.
 
Salah satu sistem terbaru yaitu sistem aplikasi keuangan desa yang telah kita launching, desa harus menjalankan sistem ini agar tata kelola keuangan desa berfungsi secara efektif dan efesien.

Dana desa yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan dan kemakmuran desa, jangan ada yang kelaparan, jangan ada lagi persoalan-persoalan sosial ditataran masyarakat desa, maka perencanaan yang baik harus dirumuskan dan dimusyawarahkan oleh komponen masyarakat desa, " ingat manfaatkan dana desa dan jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi kepala desa dan kelompoknya, " tegas Sekda.

Turut hadir antara lain, Para Asisten, Kasi Intel Kajari Aceh Singkil, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil, Para Kepala SKPK, Para Camat dan tamu undangan lainnya.