• Tanggal: 22 September 2017

BAITUL MAL KOTA SUBULUSSALAM SALURKAN ZAKAT KEPADA MUSTAHIK

Kategori : Berita Kota Rabu, 14 Juni 2017 - Oleh admkota

BAITUL MAL KOTA SUBULUSSALAM SALURKAN ZAKAT KEPADA MUSTAHIK

Laporan jurnalis Pemko Subulussalam-

www.subulussalamkota.go.id, Subulussalam

Rabu (14/6) Baitul Mal Kota Subulussalam menyalurkan zakat kepada para mustahik asal Kecamatan Simpang Kiri dan Kecamatan Penanggalan yang diselenggarakan di masjid Assilmi Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, Ketua Baitul Mal Kota subulussalam selaku penyelenggara Drs. Maskur, S. Ag, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Kota Subulussalam H. Mansyur dan beberapa pejabat lainnya.

Ketua Baitul Mal Kota Subulussalam Drs. Maskur, S. Ag katakan, dasar penyaluran zakat ini sesuai Qanun Kota Subulussalam Nomor 19 Tahun 2010 tentang Baitu Mal. Zakat yang disalurkan ini bersumber dari zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Subulussalam bukan dari zakat lain, karena sumber dari zakat lainnya belum aktif. Pembagian Zakat dilakukan dari tanggal 14 s/d 16 Juni 2017 yang terdiri dari 5 (Lima) tempat diantaranya, pada tanggal 14 Juni 2017 di Mesjid Assilmi pembagian zakat untuk wilayah Kecamatan Simpang Kiri dan Kecamatan Penanggalan dan di aula Kantor Camat Sultan Daulat untuk wilayah Kecamatan Sultan Daulat, pada tanggal 15 Juni 2017 di Aula Kantor Camat Rundeng untuk wilayah Kecamatan Rundeng dan di Mesjid Darul Aman untuk Kecamatan Longkip dan pada tanggal 16 Juni 2017 di Kantor Baitul Mal Kota Subulussalam.

Menurutnya, sistem pencairan zakat dilakukan per enam bulan sekali yang disalurkan kepada fakir, miskin, fisabilillah, muallaf, ibnu sabil, amil/upz, fakir tua uzur. Sementara untuk muallaf yang dibantu adalah yang 3 (Tiga) tahun sejak dia masuk islam sedangkan untuk fakir tua uzur yaitu 85 tahun ditanggung selama hidup dengan diberi bantuan 300.000 per bulan dengan jumlah penerima zakat keseluruhan adalah 1.860 orang, ujar Ust. Maskur.

Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP katakan, zakat yang disalurkan oleh Baitul Mal Kota Subulussalam semoga bisa membantu para penerimanya untuk kebutuhan di bulan ramadhan ini. Kami sadar bahwa zakat di Kota Subulussalam belum dikelola dengan optimal, masih banyak jenis zakat-zakat lain yang perlu untuk direalisasikan, apabila dikelola dengan baik tentunya bisa membantu orang yang lain yang berhak mendapatkannya sesuai syariah islam. Dengan momentum seperti ini diharapakan bisa menggugah muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui baitul mal Kota Subulussalam.

Ia juga mengingatkan kepada pegurus Baitul Mal Kota Subulussalam untuk bisa menggali zakat lain, apabila dana zakat bisa terserap banyak tentunya dapat membantu ekonomi umat islam. Diakhir sambutannya ia berpesan kepada undangan yang hadir, mengingat saat ini cuacanya panas agar berhati-hati terhadap bahaya kebakaran. Antisipasi dan berhati-hati ketika memasak baik menggunakan gas atau kompor, begitu juga dengan kabel listrik untuk menghindari dan menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, tuturnya.