2018 sembilan puluh persen anak Kota Subulussalam memiliki KIA

Kategori : Berita Kota Senin, 28 Agustus 2017 - Oleh admkota

2018 sembilan puluh persen anak Kota Subulussalam memiliki KIA

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Subulussalam- “ 2018 sembilan puluh persen anak Kota Subulussalam memiliki KIA “ demikian permintaan Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Subulussalam Ir. Taufik Hidayat, MM kepada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Subulussalam pada acara sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, senin (28/8).

Sebanyak 114 orang terdiri dari utusan kecamatan, kepala sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA sederajat se-Kota Subulussalam mengikuti sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 yang digelar di aula Hermes One Hotel Subulussalam.

Asisten Bidang Pemerintahan Ir. Taufik Hidayat , MM katakan, “ pencapaian target yang kita kehendaki bisa mencapai 90 persen anak Kota Subulussalam sudah memiliki KIA harus didukung oleh stakeholder lainnya. “

Para Camat, keuchik, guru-guru di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya harus bersinergi mensosialisasikan manfaat memiliki KIA, karena kartu identitas anak merupakan dokumen kependudukan juga sebagai alat bagi anak dalam mendapatkan pelayanan publik secara mandiri, dan memenuhi kebutuhannya dengan mudah, cepat serta murah, ujarnya.

“ Anak adalah amanat dan karunia Allah “ ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Subulussalam Bicar Sinaga, SH. MM.

“ Anak berhak untuk dicatat kelahirannya “ termasuk memiliki kartu identitas diri yang dikenal Kartu Identitas Anak, banyak hal positif apabila anak memiliki KIA.

Menurutnya, tujuan penerbitan KIA adalah untuk meningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“ Pembuatan KIA itu gratis dan tidak dipungut biaya apapun “, ungkap Bicar Sinaga.

Selaku narasumber dalam kesempatan tersebut adalah Muhammad Amin, S. Sos. MM dari Dinas Registrasi Aceh dan Budi Sariwarjo Kabid Pendataan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Subulussalam.