Sekda Pimpin Upacara Hardiknas Tingkat Kota Subulussalam Tahun 2018

Kategori : Berita Kota Rabu, 02 Mei 2018 - Oleh admkota

Sekda Pimpin Upacara Hardiknas Tingkat Kota Subulussalam Tahun 2018

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Subulussalam, Info Publik- Jajaran Pemerintah Kota Subulussalam melaksanakan Upacara Hari Pendidkan Nasional Tingkat Kota Subulussalam sebagai Inspektur Upacara Sekda Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM, bertempat di Lapangan Sada Kata Subulussalam, rabu (2/5).

Peserta Upacara PNS Jajaran Pemko Subulussalam, para guru, personil Dishub, personil Satpol PP dan WH, Mahasiswa Akbid, Mahsiswa STIT Hamzah Fansyuri, Pelajar SD, SMA sederajat.

Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy yang dibacakan Sekda katakan Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan.

Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang.

Juga melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara, pungkasnya.

Apresiasi publik terhadap keberhasilan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur harus disertai dengan pembangunan sumber daya manusia secara lebih sungguh-sungguh dan terencana, ungkap Muhajir.

Menurutnya, pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

Bersamaan dengan pembangunan infrastuktur pendidikan dan kebudayaan, dilakukan juga penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga, dan multiarah, tuturnya.

Sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden, Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan kebudayaan, yang memerlukan pelibatan semua komponen bangsa.

Sebagaimana Ki Hajar Dewantara menempatkan hal ini dalam tripusat pendidikan, yaitu sekolah, rumah, dan masyarakat. Salah satu bentuk penguatan tripusat pendidikan adalah pelibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak dan penguatan karakter.

Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa, ungkap muhajir.

Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita, harap Muhajir.

Terkait pendidikan telah diungkapkan oleh Menteri, pungkas Sekda.

“ Ada beberapa langkah untuk memajukan kebudayaan di Kota Kota Subulussalam, “ ungkap Irup.

Memakai bahasa daerah dalam berkomunikasi di keluarga kita, melestarikan adat istiadat dan tarian daerah, menggunakan pakaian daerah, mencintai kuliner dan rumah adat kita, ucapnya.

Apabila hal tersebut telah kita lakukan maka kebudayaan kita akan tetap eksis di bumi sada kata Subulussalam, tutur Sekda.

Turut hadir, Anggota DPRK Subulussalam Haris Muda Bancin, Kajari kota Subulussalamra Mhd. Alinafiah Saragih, Pasi Intel Kodim 0118 Kota Subulussalam Kapten Inf Tomi, Wakil Ketua MPU Kota Subulussalam, Ketua MPD Kota Subulussalam Jaminudin, Dansub POM Kota Subulussalam kapten CPM Marwoto, Asisten, kepala SKPK, Camat.