• Tanggal: 26 September 2018

Sekda Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXII Tingkat Kota Subulussalam

Kategori : Berita Kota Rabu, 25 April 2018 - Oleh admkota

Sekda Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXII Tingkat Kota Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam-Aceh

Subulussalam, Info Publik- Jajaran Pemerintah Kota Subulussalam mengikuti Upacara Hari Otonomi Daerah XXII Tahun 2018 Tingkat Kota Subulussalam, bertempat di Halaman Kantor Walikota Subulussalam, rabu (25/4).

Sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM dan Komandan Upacara Ryan Hanggara, SIP.

Amanat Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan perjalanan usia 22 tahun otonomi daerah merupakan usia dewasa.

Cara utama untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, tegas Tjahyo Kumolo.

Sebagaimana tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII Tahun 2018 ini adalah ” Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis ”.

Menurutnya, mewujudkan Nawa Cita sama artinya dengan mewujudkan kesejahteraan rakyat di setiap jengkal tanah air kita.

Mewujudkan kesejahteraan akan menjadi sebuah keniscayaan jika ekonomi daerah diselenggarakan secara akuntabel, transparan, berkepastian hukum dan partisipatif.

Untuk memastikan penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentaang Pembinaan dan Pengawsan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Terkait inovasi yang merupakan katalisator peningkatan daya saing dan kemajuan perekonomian daerah, pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, ucapnya.

Untuk menjadi perhatian bersama Tjahyo Kumolo mengingatkan tiga hal ; Pertama, Integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintah daerah.

Kedua, Menjadi perhatian dan komitmen kita bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Ketiga, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Diakhir amanatnya Mendagri mengingatkan kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas selama Pilkada dan mensukseskan gelaran Asian Games Ke-18 pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 yang berlangsung di Jakarta, Palembang dan beberapa tempat lainnya.

Sekda menambahkan dalam amanatnya kepada peserta upacara, ” diatas integritas dan etika profesionalisme adalah keikhasan, ” ucapnya.

Apabila ASN sudah sadar dan mengimplementasikan keikhlasan maka akan terwujud ASN yang amanah, jujur, displin, bertanggungjawab, loyal, patuh terhadap aturan dan baik tingkah lakunya, tegas Sekda.

Menurutnya, ” salah satu berkah otda adalah lahirnya Pemerintah Kota Subulussalam, ” ucapnya.

Mari kita syukuri berkah yang kita terima dengan mengamalkan keihklasan, tutur H. Damhuri.

Sekda juga mengingatkan bahwa organisasi Korpri dan Dharma Wanita Persatuan yang resmi dimiliki Pemko harus aktif dalam segala aktivitas baik skala kecil apalagi yang besar, pinta Sekda.

” Dharma Wanita harus belajar kepada Organisasi Persit Kartika Candra Kirana atau Bhayangkari ” , tegasnya.