POLRES ACEH SINGKIL APEL GELAR PASUKAN OPERASI MANTAP PRAJA RENCONG 2018

Kategori : Berita Kota Jumat, 05 Januari 2018 - Oleh admkota

POLRES ACEH SINGKIL APEL GELAR PASUKAN OPERASI MANTAP PRAJA RENCONG 2018

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Polres Aceh Singkil mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Rencong 2018 terkait Pengamanan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam Tahun 2018 , bertempat di Lapangan Sada Kata Subulussalam, jumat (5/1).

Selaku Pemimpin Apel Wakapolres Aceh Singkil Kompol Mughi Prasetio Habrianto, Komandan Apel Kasi Propam Polres Aceh Singkil Ipda, Perwira Upacara Kabag ops polres Aceh Singkil AKP Erwinsyah sementara pasukan yang terlibat dalam apel tersebut antara lain, Personil Kodim 0109 Aceh Singkil, personil Brimob, personil Polres Aceh Singkil, Personil Dinas Perhubungan Kota Subulussalam, Personil Satuan Polisi, Wilayatul Hisbah dan Linmas Kota Subulussalam, dan Tenaga Medis.

Kompol Mughi Prasetio Habrianto selaku pemimpin Apel membacakan amanat Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin, SIK. Dalam amanatnya Kapolres Aceh Singkil mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri serta unsur terkait, pungkasnya.

Kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan secara bebas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku ditengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018 adalah bagian dari kebebasan masyarakat Kota Subulussalam untuk memilih Kepala Pemerintahan tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari pihak manapun sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan Pilkada dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“ Pada konteks inilah peran Polri dan seluruh stakeholder terkait dalam mengawal dan mengamankan proses Pilkada agar berjalan secara optimal, “ katanya.

Diharapkan kepada seluruh jajaran agar dapat mencermati hasil evaluasi Pilkada serentak tahun 2017 sehingga segala kelemahan dan kekurangan pada pengamanan pada Pilkada sebelumnya dapat diperbaiki juga perlu kita cermati.

Pilkada serentak tahun 2018 terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dari semua unsur terkait agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat menghambat kelancaran penyelenggaraannya, pinta Kapolres.

Ia juga mengingatkan bahwa berbagai potensi kerawanan pada setiap tahapan Pilkada baik berupa sengketa hasil maupun pelanggaran Pilkada dan tindak pidana umum lainnya harus dapat diantisipasi dan ditangani oleh Polri secara profesional dan akuntabel.

Terkait tindak pidana Pilkada Polri harus mengambil langkah cepat dan tepat melalui sinergitas dengan unsur Kejaksaan dan Panwaslih serta mengoktimalkan peran serta GAKKUMDU sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran yang terjadi.

Kepada seluruh jajaran khususnya TNI/Polri untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak, tegas Kapolres Ian Rizkian.

Turut hadir, Kabidkum Polda Aceh Kombes Subakti, Ketua DPRK Kota Subulussalam Hariansyah, Ketua KIP Subulussalam Drs. Syarkawi Nur, Danki Brimob Iptu Nururdin, Ketua Panwaslih Kota Subulussalam Asmiadi, SKM, Asisten Pemerintahan Drs. M. Yakob , Pimpinan Partai Politik, Kepala SKPK, Para Danramil dan Kapolsek dalam Kota Subulussalam.