Bappeda Kota Subulussalam Adakan Rakor MPM

Kategori : Berita Kota Jumat, 25 Mei 2018 - Oleh admkota

Bappeda Kota Subulussalam Adakan Rakor MPM

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Kepala Bappeda Kota Subulussalam Mohd. Ali Tumangger, S.STP. M.Sc selaku Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan (TKPK) Kota Subulussalam mengadakan rapat koordinasi terkait pelaksanaan Mekanisme Pendaftaran Mandiri (MPM) dengan instansi terkait.

Bertempat di Aula Bappeda, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika, BPS, Disdukcapil, Dinsos, BPM dan Kampong, Bagian Kessos, Koordinator Pendaftaran, Koordinator Pencacah Lapangan, Koordinator Entri Data mengikuti kegiatan tersebut, rabu (24/5).

Ali T menyebutkan saat ini pemerintah telah memiliki Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (PPFM) yang bersumber dari data Pemutakhiran Basis Data Terpadu tahun 2015 dan dikelola oleh Kelompok Kerja Pengelola Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.

Data Terpadu PPFM, yang berisikan nama dan alamat 40 persen penduduk dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia, telah digunakan sebagai acuan data tunggal rumah tangga dan individu kurang mampu sasaran penerima bantuan program perlindungan sosial di Indonesia, ungkapnya.

Pemerintah dituntut untuk terus memperbaiki tingkat akurasi dan validitas data sasaran penerima program perlindungan sosial. Saat ini Pemerintah sedang mempersiapkan sebuah mekanisme pemutakhiran Data Terpadu PPFM melalui Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM).

Dengan mekanisme ini, masyarakat kurang mampu yang belum menerima program perlindungan sosial, mendaftarkan diri secara aktif dan mandiri kepada Unit Pengelola Data Rumah Tangga Kurang Mampu di daerah untuk kemudian diidentifikasi dan diverifikasi dengan menggunakan standar nasional yang telah ditentukan, pungkasnya.

Ali katakan bahwa data masyarakat kurang mampu yang sudah terverifikasi, kemudian akan dianalisa dii tingkat nasional sehingga menghasilkan Data Terpadu PPFM yang termutakhirkan, dan digunakan sebagai dasar dalam penentuan sasaran penerima program perlindungan sosial di Indonesia.

Pelaksana Mekanisme Pendaftaran Mandiri (MPM) adalah SKPK terkait sesuai dengan penugasan oleh Walikota dan dikoordinasikan oleh Tim Koordinasi Penanggulangn Kemiskinan (TKPK) Kota Subulussalam..

SKPK yang kita undang sesuai dengan tupoksinya agar bisa mendukung dan bekerjasama untuk tercapai tugas tersebut, pinta Ali.