Pemko Apresiasi Putra Penanggalan Raih Juara Satu Dalam Kontes Desain Poster

Kategori : Berita Kota Jumat, 21 September 2018 - Oleh admkota

Pemko Apresiasi Putra Penanggalan Raih Juara Satu Dalam Kontes Desain Poster

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Darma Agung (UDA) Medan asal Penanggalan Kota Subulussalam yang bernama Juprianto atau Sikiting sapaan sehari-hari meraih juara 1 pada kontes desain poster dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Daerah ( PEKSIMIDA ).

Kontes tersebut digelar pada 12 September 2018 di ruang Auditorium Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan diikuti sebanyak 27 PTN/PTS yang berada di Sumatera Utara.

Juprianto dalam rilisnya melalui whatsaap (21/9) menyebutkan deskripsi atau gambaran dari poster itu dijelaskan terdapat beberapa tari-tarian, wayang dan batik. Indonesia dikenal dengan kaya budayanya baik dari tari-tarian, permainan wayang dan batik yang menjadi icon Indonesia.

Hewan badak sumatera adalah satu- satunya badak Asia yang memiliki 2 Cula yang berada di sumatera. Komodo, pulau komodo salah satu warisan dunia yang berada di NTT Indonesia.

Deskripsi dari semua poster itu adalah " tetap bersatu walau banyak perbedaan, bersatu dalam merah putih indonesia, " sebutnya.

Menurutnya lomba desain poster yang mengangkat tema “ Merajut Budaya Nusantara”, setiap desain poster wajib dibuat dengan menggunakan komputer dan diselesaikan dalam waktu 180 menit ( tiga jam ).

Setiap peserta lomba membawa komputer/laptop yang telah diinstal software desain grafis yang diperbolehkan untuk digunakan dalam perlombaan yaitu freehand, coreldraw photoshop, illustrator dan indesign. Desain poster yang dibuat tidak boleh mengandung unsur, agama, ras (SARA) serta pornografi.

Juprianto katakan kali pertama ia ikut lomba dalam pembuatan poster di Sumatera Utara, dan Alhamdulillah bisa raih juara 1, tapi ini baru awal perjuangan karena kita akan bersaing di tingkat Nasional yakni Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XIV yang akan digelar pada bulan oktober 2018 di Yogyakarta.

Ia berpesan kepada pemuda Kota Subulussalam agar lebih giat belajar dan menekuni apa yang dicita-citakan dan jangan takut bermimpi seperti kata bapak proklamator Ir. Soekarno “ bermimpilah setinggi langit dan bila engkau jatuh akan jatuh di antara bintang-bintang. “

Ia juga berharap kepada Pemko Subulussalam agar kiranya melirik potensi pemuda-pemudi Kota Subulussalam jangan hedois dan apatis terhadap pemuda karena pemudalah yang akan meneruskan perkembangan Kota Subulussalam.

Sekda Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM mendengar informasi bahwa putra Penanggalan meraih juara 1 dalam kontes desain poster dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Daerah ( PEKSIMIDA ) merasa bangga dan takjub.

Menurutnya, di era digital saat ini sangat dibutuhkan pemuda seperti ini yang mampu mendesain gagasan dan karya melalui IT. “ Potensi ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan skill yang dimilikinya, “

Atas nama Pemerintah Kota Subulussalam mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih dan mengharumkan nama Kota Subulusalam, ucap Sekda.

Menyikapi prestasi yang diraih salah seorang putra terbaik Penanggalan, Ketua KNPI Kota Subulussalam Edy Syahputra Bako, S. Sos mengucapkan apresiasi dan ucapan selamat kepada Juprianto Berutu yang telah berhasil meraih juara 1 memenangi kontes desain poster dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Daerah ( PEKSIMIDA ) Sumut.

Edy mengungkapkan kebanggannya atas prestasi Juprianto pemuda Kota Subulussalam yang mampu mengharumkan nama daerah di rantau orang ditingkat akademisi. Ia juga telah mengucapkan selamat kepadanya melalui via telfon.

Edi berjanji diperiode kepengurusannya akan memberikan perhatian khusus bagi pemuda berprestasi, karena para pemuda berprestasi akan menjadi contoh positif untuk menuju pemuda yang produktif.

Ia juga akan berpartisipasi untuk mendukung Jupri dalam kejuaraan tingkat nasional dan memohon doa serta dukungan seluruh masyarakat Kota Subulussalam agar Jupri meraih prestasi terbaiknya. “ Semoga semakin banyak lahir pemuda berprestasi di Kota Subulussalam, “ ucapnya.