Tabligh Akbar Ustadz Abdul Shomad Di Subulussalam

Kategori : Berita Kota Selasa, 27 November 2018 - Oleh admkota

Tabligh Akbar Ustadz Abdul Shomad Di Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Fenomena Ust. Abdul Shomad, LC. MA telah membius umat muslimin dunia dan nusantara. Kota Subulussalam yang berarti jalan keselamatanpun akhirnya bisa hadir ulama fenomenal yakni UAS, panggilan akrabnya.

Bertempat di lapangan sada kata Subulussalam komplek perkantoran Pemko Subulussalam,selasa (27/12),

UAS hadir pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Korpri ke 47 Tahun 2018 dengan tema ” Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Korpri ke 47 tahun 2018 kita tingkatkan etos kerja dan semangat berzakat dalam membangun Kota Subulussalam. ”

Sejak pukul 10.00 Wib masyarakat dari pelosok Kota Subulussalam telah memadati arena tabligh akbar UAS. Dalam suasana yang panas terik kaum muslimin seantero penjuru Kota Subulussalam berbondong-bondong dengan berkendaraan roda dua dan empat terus memadati komplek pemko.

Personil Satlantas Polres Aceh Singkil dan Dishub Kota Subulussalam sangat sibuk mengatur lalu lintas. Antrian panjang diacara tabligh akbar UAS hal pertama terjadi di Kota Subulussalam.

Magnet UAS telah menyedot antusias dan semangat masyarakat Kota Subulussalam bisa hadir di tabligh akbar pada acara Maulid nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Korpri Tahun 2018. Suasana riuh dan membludak aparat kepolisian, Satpop PP dan WH, FPI, Pemuda Pancasia, KNPI dan unsur lainnya berjibaku.

Tak terkeculi, Walikota Subulussalam H. Merah Sakti bersama tim lainnya pada pukul 08.00 Wib menjemput sang idola ummat Ust. UAS di perbatasan Kota Subulussalam-Kab. Aceh Selatan tepatnya di jalan PT. Asdal Kecamatan Sultan Daulat.

Subhanallah, lantunan sholawat yang dibacakan para santri menyambut kedatangan UAS di lapangan sada kata Subulussalam. Umat menyambut kedatangannya, suasana riuh dan berdesakan dibantu personil TNI, kepolisian, Satpol PP dan WH, FPI, Pemuda Pancasila, KNPI. Teriakan takbir dan sholawatan menyambut kedatangan UAS.

Jajaran panitia, para pejabat Pemko, pimpinan Parpol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, kaum ibu menyambut dan menyaksikan UAS hadir diatas tribun sada kata. Sungguh luar biasa penyambutan ummat, suasana yang panas dan terik mereka tetap setia dan sabar menanti ustadz fenomental yang telah diidolakan umat.

Qoriah Nasional asal Subulussalam Mildawati melantunkan bacaan ayat suci Al quran sebagai tanda dimulainya acara tabligh akbar. Suaranya yang merdu dengan lantunan ayat Al quran membuat ummat sejuk dan damai walau suasana panas.

Ust. Fadhil Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh menyebutkan kekagumam dan ta’jub antusias masyarakat Kota Subulussalam menyambut UAS. Dikatakannya, apabila suasana seperti ini maka di tahun 2019 Insya Allah UAS bisa hadir kembali di bumi Syaikh Hamzah Fansyuri, sebutnya. Tidak berjanji namun Insya Allah kata Fadhil dihadapan masyarakat Subulussalam.

Dalam kesempatan itu juga, Sekda Kota Sublussalam H. Damhuri, SP. MM memberikan wakaf buku “ Turjumanul Mustafid atau terjemahan yang memberi faedah ” karya Syaikh Abdurrouf kepada Ust. Abdul Shomad,

Ketua MPU Kota Subulussalam Drs. H. Azharuddin. Pimpinan STIT Hamzah Fansyuri Drs. Abdurrozak Naufal, Ketua Masjid Agung Subulussalam Drs. M. Yakub Dilanjutkan pemberian cindera mata dari ACT Aceh kepada Walikota Subulussalam.

Walikota Subulussalam H. Merah Sakti dalam sambutan singkatnya dengan suaranya yang lantang menyebutkan bahwa selama kepemimpinannya telah membantu dayah-dayah, persulukan, memberikan beasiswa kepada santri belajar di pondok-pondok di pulau jawa.

Dikatakannya, ulama dan umaro di Kota Subulussalam selalu bergandengan tangan, bersatu padu, sebut Sakti.

Darussalam, Babussalam, Subulussalam dan Nurussalam ada di Aceh. Mengawali taushiyah UAS. Subulussalam yang berarti jalan keselamatan harus dibuktikan oleh masyarakat Kota Subulussalam.

“ jangan gara-gara pilkada terus kita gontok-gontokan, kelahi, ribut ” maka ini bukan lagi Subulussalam. Yang suka ribut, kelahi tak patutlah tinggal di Subulussalam, penting dipahami siapapun yang memutuskan silaturrahmi tak akan masuk surga, sebut UAS.

Dikatakannya, pengawalan yang super ketat semua unsur terlibat di Subulussalam TNI, Polri, FPI, KNPI, Satpol PP, Pemuda Pancasila sangat luar biasa, ucapnya.

” Kehadiran umat disiang hari dengan suasana terik dan panas ini bukan karena UAS namun karena kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW ” ucap UAS.

Dengan membayar zakat maka kita telah membantu yang lemah, bisa membantu dayah-dayah bisa berkembang. Silahkan anda kaum bapak dan ibu mau bayar zakat atau tidak.

” semua kita pada akhirnya akan binasa, akan mati. ” Maka apakah yang akan dibawa kita kelak ? zakatlah yang akan memberi naungan kita kelak di hari akhir, ungkap UAS.

Dikatakannya lagi, aset yang sangat berharga kita kelak adalah anak yang sholih. ” Masukkanlah anak-anak kita ke pesantren atau dayah agar anak kita menjadi baik. ” Menangislah sekarang daripada kita menangis kemudian.

Didiklah anak-anak kita, ajarilah mereka, hingga belajar di Timur Tengah dan mendapat gelar doktor. ” inilah aset Subulussalam dan penerus ulama kharismatik kita Syaikh Hamzah Fansyuri .”

Ada mahasiswa mendapat gelar doktor asal Malaysia, ia mengkaji ulama kita Syaikh Hamzah Fansyuri. Maka banggalah kita sebagai masyarakat Subulussalam. ” jangan gaduh, jangan ribut jaga ukhuwwah islamiyah kita ”, tegas UAS.

Menyikapi pesta demokrasi UAS pun mengingatkan ummat agar memilih wakil rakyat yang cinta ulama, cinta agama islam jangan pilih wakil yang anti syariah,

Pilihlah wakil rakyat yang bisa menghasilkan kebijakan dalam pengembangan zakat dan wakil rakyat yang peduli terhadap dayah-dayah, sebutnya. 

Diakhir taushiyahnya UAS mengingatkan umat agar menjaga ibadahnya, sholatlah berjamaah di masjid. ” Makmurkan masjid, dan jaga ibadah-ibadah lainnya. ” UAS juga meminta kepada umat agar mendoakannya ” kelak diakhir hayatnya husnul khotimah ” dan diamini umat yang hadir.

Turut hadir Forkopimda Kota Subulussalam, anggota DPR Aceh dan anggota DPR RI, pimpinan Parpol, ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh perempuan.

Pantauan jurnalis, UAS dan Walikota Subulussalam H. Merah Sakti bersama tim usai tabligh akbar berziarah ke Makam Syaikh Hamzah Fansyuri di Oboh Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam.