Empat Cabang Musabaqah Hari Ketiga Tuntas

Kategori : Berita Kota Rabu, 19 Desember 2018 - Oleh admkota

Empat Cabang Musabaqah Hari Ketiga Tuntas

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Musabaqah Tilawatil Quran VI Tingkat Kota Subulussalam dihari ketiga empat cabang tuntas dilaksanakan. 

Cabang Musabaqah Hifdzil Quran berlangsung  di Masjid Al Munawarah Subulussalam, cabang Musabaqah Makalah Al quran bertempat di MTSN I Simpang Kiri dan Cabang Tilawah serta Syarhil Quran di Tribun Utama yakni Lapangan Beringin Subulussalam.

Ketua Cabang Hifdzil Quran Ust. Adnan, S. Ag dalam rilisnya, rabu (19/12)  menyebutkan kualitas hafalan peserta lebih baik dibanding dua tahun lalu, urainya.

Dikatakannya yang dilombakan pada cabang ini yakni tilawah 1 juz, 5 juz , 10 juz, 20 juz dan 30 juz untuk putra dan putri dari tiap kecamatan. 

Untuk tiap juz diikuti peserta putra dan putri  kecuali untuk hafalan 20 dan  30 juz masing-masing kurang 1 orang, sehingga jumlah peserta dari semua kecamatan sebanyak 58 orang. 

Untuk Cabang Musabaqah Makalah Al quran (MMQ) diikuti 9 orang peserta  putra dan putri dari tiap kecamatan, 1 orang peserta putra gugur  asal Kecamatan Rundeng karena lewat umur sebut salah seorang panitera cabang tersebut Candra Sihotang, M. Pd

Bertempat di ruang kelas MTSN 1 Kota Subulussalam. Ketua Cabang MMQ Dr. (c) Musriaparto, MM disela-sela waktu luangnya  menyebutkan ada beberapa peserta cukup berpotensi untuk dilatih agar bisa ikut pada even berikutnya di tingkat Provinsi.

Menurutnya pemahaman peserta dalam pembuatan makalah ilmiyah populer dalam bentuk tematik atau maudhu'i masih kurang dan beberapa peserta dalam penyajian presentasi dan menjawab pertanyaan dewan hakim sangat memuaskan, pungkasnya.

" Secara umum pesrta MMQ pada MTQ VI ini ada peningkatan yang menggembirakan, dibanding dengan dua tahun lalu" ucap Musriaparto dengan penuh optimisme.

Untuk Judul makalah setiap peserta: nomor peserta 001 bertemakan "  Implementasi Nilai-nilai Ukhuwah Perspektif Alquran Menuju Pemilu Damai . "  Nomor peserta 002 " Revolusi Mental Perspektif Alquran Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani . " Nomor peserta 003 " Dekadensi Moral Remaja Zaman Now. "

Nomor peserta 004 " Pengaruh Membaca Alquran Terhadap Akhlak Mulia. "  Nomor peserta 005 " Meremajakan Etos Kerja Untuk Peningkatan Daya Saing Masyarakat Kota Subulussalam. "  Nomor peserta 006 " LGBT Dalam Perang Pemikiran Era Milenial . "

Nomor peserta 007 " Peran Ayah Dalam Membangun Mental Spiritual Anak Perspektif Alquran ." Nomor peserta 008 " Pendidikan Agama Dalam Keluarga Sebagai Upaya Meminimalisir Kenakalan Remaja. "

Dan terakhir nomor peserta 010 " Nilai Anti Korupsi Perspektif Alquran. "

Dikatakan Khairul Amri, S. Pd salah seorang panitia MTQ .Cabang Syarhil tadi sore telah selesai dan malam ini cabang tilawah yang tersisa juga akan selesai dilaksanakan, sebutnya.