Walikota Subulussalam Pimpin Upacara Hari Jadi Subulussalam Ke-56 Tahun 2018

Kategori : Berita Kota Jumat, 14 September 2018 - Oleh admkota

Walikota Subulussalam Pimpin Upacara Hari Jadi Subulussalam Ke-56 Tahun 2018

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Jajaran Pemko Subulussalam, TNI, Polri, Siswa SMA sederajat dan pramuka mengikuti upacara Hari Jadi Subulussalam ke-56 Tahun 2018 selaku Inspektur Upacara adalah Walikota Subulussalam H. Merah Sakti, bertempat di Lapangan Sada Kata Subulussalam, jumat (14/9).

Petugas lainnya yakni Kepala Dinas Pertanahan Kota Subulussalam Syahpudin, S.P dI. MM sebagai Komandan Upacara, Hotma Capah, S. Ag sebagai Perwira Upacara, Pembaca Sejarah Subulussalam adalah Sekda Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM, Camat Simpang Kiri Abdurrahmansyah, SE. MM dan Camat Penanggalan Ronis Bancin, S. STP sebagai pembaca teks Pancasila dan UUD 1945.

Pembaca Ayat Suci Al quran Risdawati, A. Ma. Pd, Pembaca Sholawat Badar adalah Zikriatul Mahmuda, Pembaca Doa adalah Sekretaris Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Ust. Qaharuddin, S. Ag. MM dan obade dari ibu-ibu TP PKK Kota Subulussalam.

" Dengan peringatan hari jadi Subulussalam ke-56 mari kita eratkan persatuan dan kesatuan menuju Subulussalam yang bermartabat " tema hari jadi Subulussalam tersebut menjadi modal dasar pembangunan kita, ungkap Walikota mengawali kata sambutannya.

Sejarah panjang lahirnya Subulussalam yang dimulai dari masa kerajaan, masa perjuangan untuk meraih kemerdekaan, masa paska kemerdekaan hingga lahirnya Pemko Subulussalam sebagaimana yang dibacakan oleh Sekda terkait sejarah Subulussalam.

Menurutnya ini menjadi bukti bahwa dengan sinergitas, persatuan dan kesatuan semua komponen masyarakat Subulussalam apa yang kita cita-citakan bisa terwujud, sebut Walikota.

Momentum hari ini kita bisa mengingat kembali sejarah Subulussalam, mengingatkan perjuangan masyarakat masa itu bersatu dan menyatu untuk menangkal pengaruh negatif baik dari dalam dan dari luar Subulussalam, ucap Sakti.

Penambalan nama Subulusalam oleh Gubernur Aceh Prof. Ali Hasymi pada tanggal 14 September 1962 menjadi titik awal bumi Syaikh Hamzah Fansyuri menuju kebangkitan. Masyarakat Subulussalam yang religi berkat ketulusan dan kesederhanaan ulama kharismatik yakni Syaikh Hamzah Fansyuri.

Kita patut bersyukur kepada Syaikh Hamzah Fansyuri, Prof. Ali Hasymi, para pejuang, para tokoh dan komponen masyarakat dengan lahirnya Subulussalam. Ingat kata pepatah “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya, “ Ucap Sakti. Atas dasar itu diminta kepada Sekda untuk menambalkan nama-nama tokoh daerah di jalan-jalan yang ada di Kota Subulussalam, tegas Walikota.

“ Dimana bumi dipijak langit dijunjung “, pepatah ini sepatutnya kita semua harus memahami arti dan makna yang tersirat didalamnya. Dengan perkembangan yang luar biasa Subulussalam di 2007 telah menjadi ibukota Pemerintahan Kota Subulussalam. Bermunculan para pejabat baru, birokrat, anggota legislatif dan lainnya, ungkapnya.

Dikatakannya, dengan lahirnya pemerintah Kota Subulussalam kita awali pembangunan dari titik nol. Pembangunan sarana publik dan pemerintahan terus digenjot hingga kita bisa melampaui pendahulunya. Telah kita rasakan manfaatnya jalan-jalan aspal, jembatan, rumah sakit, gedung pemerintahan, masjid agung dan lainnya, sebut Sakti.

Menjelang pileg dan pilpres tahun 2019 diharapkan komponen masyarakat untuk menjaga suasana yang aman dan damai, menjaga toleransi antar umat beragama sehingga suasana Kota Subulussalam nyaman dan aman tetap terjaga sebagaimana yang kita harapkan, pintanya.

Diakhir sambutannya, Walikota meminta kepada pimpinan DPRK agar menyetujui usulan penambalan nama BLUD RSUD ditambah namanya menjadi BLUD RSUD DR. H. ANWAR JAFAR KOMBIH sebagai penghargaan atas dedikasi dan jasanya terhadap kesehatan, tutur Sakti.

Turut hadir, Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, Pimpinan DPRK Subulussalam Hariansyah, Hj. Mariani Harahap dan Fajri Munte, Ketua Pengadilan Negeri Singkil Sayid Tarmizi, SH. MH, Kajari Kota Subulussalam Mhd. Alhanafiah Saragih, SH.

Wakapolres Aceh Singkil Kompol Sutan Siregar, Wakil Ketua MPU Kota Subulussalam Tgk Maksum LS, Danramil 01 Simpang Kiri Kapten Inf. Musa mewakili Dandim 0118/Subulussalam, Sekda Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM, Asisten, Kepala SKPK, Camat, Mukim, Keuchik, Pimpinan Instansi Vertikal, Parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.