Wakil Walikota Buka Sosialisasi Saber Pungli dan Perjanjian Kerjasama APIP dan APH

Kategori : Berita Kota Rabu, 14 November 2018 - Oleh admkota

Wakil Walikota Buka Sosialisasi Saber Pungli dan Perjanjian Kerjasama APIP dan APH

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Jajaran Kepala SKPK, bendahara SKPK, Perwakilan kecamatan dan desa  se-Pemko mengikuti sosialisasi Saber Pungli dan Perjanjian Kerjasama APIP dan APH yang dibuka Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, bertempat di Aula TP PKK Pendopo Walikota Subulussalam, rabu (14/11).

" Kesejahteraan ASN Pemko Jauh dari harapan karena ketiadaan anggaran jangan jadikan alasan untuk lakukan pungutan liar, " sebut Wakil Walikota dalam kata sambutannya dihadapan 

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Aceh / Ka Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Aceh DR.H.  Taqwaddin Husin, SH. SE, M.S  dan rombongan, Ketua Komisi A DPRK Subulussalam Rasumin, SH, Perwakilan Forkopimda Kota Subulussalam dan peserta sosialisasi.

Dikatakannya Insya Allah kesejahteraan ASN akan menjadi perhatian kedepan,  dengan sejahtera pungli tidak ada di Kota Subulussalam, harapnya.

Dasar hukum saber pungli adalah Perpres Nomor 87 Tahun 2016 dan Keputusan Walikota Subulussalam Nomor 188.45/190/2018. Dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli Kota Subulussalam diharapkan  penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Pemerintahan yang bersih (Clean Governance) bisa tercapai.

Tugas dan wewenang Satgas Saber Pungli adalah membangun sistem pencegahan, pemberantasan, koordinasi, tangkap tangan dan seterusnya dengan tujuan mewujudkan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil guna peningkatan kesejahteraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu merupakan perbuatan yang sudah sejak lama terjadi , bahkan mungkin telah menjadi suatu kebiasaan oknum Aparatur Penyelenggaraan Negara didalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Walikota meminta kepada semua jajaran Aparatur Pemerintah Kota Subulussalam untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pungutan dalam bentuk apapun. Selain itu  juga berharap dukungan dari seluruh unsur masyarakat agar saling mengawasi serta memberikan laporan setiap kegiatan pungli yang terjadi di wilayahnya serta tidak terlibat memberikan ruang bagi terjadinya praktek pungli dalam pelayanan publik, ucap Salmaza.

Ia  menghimbau apabila ada menemukan atau mengetahui praktek pungli maka diharapkan dapat melaporkan kepada Satgas Saber  Pungli ataupun ke pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti, ungkapnya.

Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Kota Subulussalam telah lakukan perjanjian kerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) yakni Polres Aceh Singkil dan  Kejari Kota Subulussalam dengan Nomor  180/05/MOU/2018, Nomor B-01.N-1-32/65-1/06/2018, Nomor B/MOU/02/VI/RES/2018.

Menurutnya tujuannya perjanjian kerjasama tersebut untuk memperkuat sinergitas kerjasama dalam melakukan koordinasi penanganan pengaduan masyarakat terindikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintah daerah yang efektif, efisien dan akuntabel.

Dengan dilaksanakan sosialisasi perjanjian kerjasama ini juga  sebagai pedoman bagi Aparatur Sipil Negara dalam memperjelas mekanisme penanganan pengaduan masyarakat sehingga tidak tumpang tindih penanganannya.

Dengan kerjasama ini penanganan menjadi jelas, bila dilakukan kesalahan administratif akan diserahkan APIP, bila kesalahan hukum menjadi kewenangan aparat penegak hukum, tutur Wakil Walikota.

Sesuai Putusan Walikota Subulussalam Nomor 188.45/190/2018 tertanggal 26 September 2018 Susunan Personalia Unit Satgas Saber Pungli Kota Subulussalam sebagai Penanggung jawab adalah Walikota Subulussalam, Ketua Pelaksana Waka Polres Aceh Singkil, Wakil Ketua I Inspektur Kota Subulussalam, Wakil Ketua II Kasie Intel Kejari Subulussalam, Sekretaris Kabagren Polres Aceh Singkil.

Bidang Logistik dan Adm.Umum Kasubag Umum dan Kepegawaian Inspektorat Kota Subulussalam, bidang data, informasi dan publikasi Kabag Humas Setdako Subulussalam, Bidang Keuangan Sekretaris Inspektorat, Bendahara Pengeluaran Inspektorat, Kasubag Humas Polres Aceh Singkil, Kasi Was Polres Aceh Singkil.

Kelompok kerja unit intelijen, Ketua KBO Intel Polres Aceh Singkil, Sekretaris Ka Kesbangpol, Anggota BIN-DA, BAIS, Asisten II , Dan Unit Intel Kodim 0118/Subulussalam, Jaksa Fungsional Pada Seksi Intelijen Kejari Subulussalam, Irban Wilayah I Inspektorat Kota Subulussalam.

Kelompok kerja unit pencegahan, ketua Asisten pemerintahan, Sekretaris Kabag Organisasi, Anggota Batimin Sub Denpom IM/2-3 Kota Subulussalam, Dan Sub Kodim 0118/Subulussalam, Jaksa Fungsional pada Seksi Intelijen Kejari Subulussalam, Kapolsek Longkib, BA Sub 1-2 Kodim 0118/Subulussalam, Asisten Administrasi dan Umum, Irban Wilayah III Inspektorat Kota Subulussalam.

Kelompok kerja unit penindakan, Ketua Kasi Pidsus Kejari Subulussalam, Sekretaris Kapolsek Simpang Kiri, Anggota Dansub POM IM/2-3 Kota Subulussalam, Kepala BKSDM, Kanit Reskrim Polsek Simpang Kiri, Kanit 6 Gaksus Intelkam Polres Aceh Singkil, Irban Wilayah II Inspektorat Kota Subulussalam.

Kelompok kerja unit yustisi, Ketua Kasie Datun Kejari Subulussalam, Sekretaris Kabag Hukum , Anggota Kapolsek Penanggalan, Kasubag keuangan, perencanaan dan Pelaporan Inspektorat Kota Subulussalam, Dan Unit Hartib Sub Denpom IM/2-3 Kota Subulussalam.