• Tanggal: 26 September 2018

Walikota Buka Pelatihan Petugas Pendaftaran dan Verifikasi Rumah Tangga Miskin

Kategori : Berita Kota Selasa, 24 Juli 2018 - Oleh admkota

Walikota Buka Pelatihan Petugas Pendaftaran dan Verifikasi Rumah Tangga Miskin

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Walikota Subulussalam yang diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Subulussalam Mohd. Ali Tumangger M. Si membuka pelatihan Petugas Pendaftaran, Verifikasi Rumah Tangga dan Entry Data Mekanisme Pemuktahiran Mandiri (MPM) Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin Kota Subulussalam, bertempat di aula Bapeda Kota Subulussalam, senin (23/7).

Sebanyak 336 orang petugas pendaftaran dan verifikasi dari seluruh kampong di Kota Subulussalam mengikuti pelatihan yang dibimbing oleh narasumber dari tim MPM Kota Subulussalam yakni Nurul Akmal, SE. MM dan Ahmad Sanusi, ST dari Bapeda Aceh.

Kepala Bapeda Kota Subulussalam Mohd. Ali Tumangger, M. Si mengatakan banyak program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah baik yang besumber dari pusat, provinsi ataupun daerah.

” Output dari program ini baik kalau datanya benar ” ucap Ali. Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Tanggal 23-25 Juli diikuti oleh peserta dari tiga kecamatan yakni Simpang Kiri, Penanggalan dan Longkib.

Untuk tanggal 26-28 Juli diikuti oleh peserta dari Kecamatan Rundeng dan Kecamatan Sultan Daulat. Kegiatan ini agar diikuti dengan serius dan jangan dianggap sepele, tegasnya.

” Belajar dari kasus bantuan beras miskin atau raskin beberapa waktu yang lalu ” menurut aturan diberikan hanya kepada penerima yang masuk dalam data. Namun yang terjadi diberikan merata. Mohon agar ini tidak terjadi lagi, harap Ali.

Apabila nama penerima sudah disahkan sulit untuk dirubah, oleh karenanya pendataan yang dilakukan petugas harus benar sesuai fakta dan mekanisme aturannya.

Basis data terpadu ini dibutuhkan agar program penanggulangan kemiskinan tepat sasaran. Program ini berhasil tergantung petugas verifikasi. Kepala Kampong agar pantau kinerja petugas pendaftaran dan verifikasi ini , tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Bapeda Aceh Sanusi, ST, Kepala Dinas Sosial Kota Subulussalam Drs. M. Sanusi, Kepala BPS Kota Subulussalam Tasdik Ilhamudin Kepala Kampong se-Kota Subulussalam.