Walikota Resmikan TMMD Reguler Ke 106 Tahun 2019

Kategori : Berita Kota Rabu, 02 Oktober 2019 - Oleh admkota

Walikota Resmikan TMMD Reguler Ke 106 Tahun 2019

Reporter MC Kota Subulussalam

Penanggalan Timur, Info Publik- Walikota Subulussalam H. Affan Alfian meresmikan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertempat di Lapangan Teladan H. Makmur Syahputra Penanggalan Timur, rabu (2/10).

Sebagai petugas upacara yakni perwira Upacara Danramil 04 Sultan Daulat Kapten Inf. Samsul Bahri, Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 0118/Subulussalam Kapten Inf. Yasrizal, Pembaca laporan kegiatan Pasi Intel Kodim 0118/Subulussalam Kapten Inf. Tommy Marantika dan Pembaca doa adalah Kasubbag TU Kemenag Kota Subulussalam H. Marwan Z, S. Ag

( Foto : Walikota H. Affan Alfian sebagai Irup )

Personil TNI, Polri. Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayah Hisbah, Pemadam Kebakaran, siswa SMA sederajat mengikuti upacara peresmian kegiatan TMMD.

Dalam laporannya, Pasi Intel Kodim 0118/Subulussalam Kapten Inf. Tommy Marantika  menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan dari tanggal 2 hingga 31 Oktober 2019 di Kampong Jontor dan Sikelang.

Sasaran kegiatan fisik yakni pembukaan dan pengerasan jalan sejauh 2.100 m, pembuatan gorong-gorong di 5 titik, pembangunan rumah keluarga miskin sebanyak 1 unit, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 13 unit, dan pembangunan pos kamling 3 unit.

( Foto : Perwira Upacara Danramil 04 Sultan Daulat Kapten Inf. Samsul Bahri melapor ke Irup )

Sementara sasaran kegiatan non fisik antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan wawasan kebangsaan.

Untuk personil yang dilibatkan yakni personil inti berjumlah 150 orang terdiri dari kelompok komando 15 orang, tim asistensi 25 orang dan satgas 1 SSK 110 orang. Pendukung terdiri dari dinas terkait pemko dan masyarakat Kecamatan Penanggalan setiap harinya secara bergantian.

Selamat datang kepada seluruh komponen masyarakat bapak/Ibu serta para tamu undangan sekaligus menyambut baik atas terlaksananya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-106 Kodim 0118/Subulussalam Tahun 2019, mengawali kata sambutan Walikota Subulussalam H. Affan Alfian.

( Foto : Walikota menyaksikan penandatangan naskah program kerja Dandim 0118/Subulussalam dan Kepala Dinas PUPR )

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh keluarga besar TNI, yang telah memprakarsai kegiatan ini, sebagai salah satu wujud Bhakti TNI dalam membangun desa, semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik serta memperoleh hasil seperti sebagaimana yang diharapkan, pungkasnya.

“ Terlaksananya kegiatan ini, tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Subulussalam dengan keluarga besar TNI, dan secara khusus dengan Kodim 0118/Subulussalam yang kita cintai, “ ucapnya.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), merupakan salah satu manifestasi pengabdian TNI kepada masyarakat disamping tugas - tugas pokok TNI lainnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjadi wahana kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

( Foto : Peserta upacara TMMD )

Disisi lain, pembangunan pedesaan harus menjadi barometer keberhasilan pembangunan nasional karena sebahagian besar rakyat Indonesia berdomisili di pedesaan, yang kondisi kehidupannya masih memerlukan perhatian dan sentuhan pembangunan dalam semua sektor.

Oleh karena itu, pembangunan kampung harus ditangani secara terpadu, dengan melibatkan instansi terkait TNI/Polri pada semua tingkatan, melalui pengembangan sumber daya, sebagai modal untuk mendorong tumbuhnya prakarsa dan Swadaya masyarakat secara aktif dalam pembangunan, kilahnya.

Menurutnya dengan ditetapkannya kegiatan TMMD di Desa Jontor dan Desa Sikelang Kecamatan Penanggalan, kita akan fokus pada pembangunan sarana Infrastruktur dan pembuatan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu serta rehab rumah yang tidak layak huni.

( Foto : Irup menyerahkan peralatan kerja kepada anggota TNI, Polri dan masyarakat )

Maka kami yakin dan percaya bahwa kegiatan mulia ini akan berdampak terhadap kemajuan masyarakat seperti lancarnya transportasi, peningkatan ekonomi serta akan menjadi daya dorong untuk lebih giat lagi dalam melakukan usaha - usaha sebagai sumber penghidupan masyarakat disekitar, tutur Walikota.

Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar bersama - sama dengan TNI membangun desa, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sekaligus suksesnya pembangunan Kota Subulussalam yang di mulai dari kampong, ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Walikota sebagai Irup menyerahan alat kerja kepada perwakilan anggota TNI, Polri dan masyarakat. Dilakukan juga penandatangan naskah progam kerja TMMD ke-106 antara Kepala Dinas PUPR Kota Subulussalam dan Dandim 0118/Subulussalam dengan disaksikan Walikota.

( Foto : Tampak Danrem 012/ TU, Wakil Walikota beserta Forkopimda serta undangan lainnya di tribun utama )

Turut hadir Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, SE, Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, Ketua DPRK Subulussalam Sementara Ade Fadli Bintang, S.Ked beserta Anggota, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Subulussalam M. Alinafiah Saragih, SH,.

Wakapolres Aceh Singkil Kompol Sutan Siregar, SIK, Ketua Mahkamah Syariah Kota Subulussalam Aman, S.Ag, Perwira TNI/Polri, Para Asisten, Kepala SKPK, Camat, Mukim , Keuchik, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, dan Tokoh Agama.

Setelah pelaksanaan upacara pembukaan TMMD selesai , Danrem 012/TU beserta Unsur Forkopimda Kota Subulussalam melanjutkan acara tambahan antara lain, penanaman pohon, meninjau sosialisasi program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).

( Foto : Danrem, Walikota dan lainnya menuju lokasi penanaman pohon ) 

Penyerahan secara simbolis sembako murah, peninjauan 2 Unit Rumah RTLH(Rumah Tidak Layak Huni) yang sedang dibangun dan peninjauan titik lokasi pelaksanaan TMMD dan Posko TMMD.