Plt. Gubernur Aceh Resmikan Masjid Agung Subulussalam

Kategori : Berita Kota Selasa, 05 Maret 2019 - Oleh admkota

Plt. Gubernur Aceh Resmikan Masjid Agung Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Masjid Agung Subulussalam yang beralamat di jalan Teuku Umar Kampong Belegen Mulia Kecamatan Simpang Kiri secara resmi disahkan penggunaannya oleh Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, selasa (5/3).

Ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian dan peusejuk masjid agung Subulussalam oleh Plt Gubernur Aceh dan Walikota Subulussalam. 

Masjid Agung Subulussalam menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kota Subulussalam, sebut Walikota Subulussalam H. Merah Sakti mengawali kata sambutannya.

Dibuktikan banyak warga memanfaatkan lokasi pernikahan di Masjid Agung selain digunakan untuk sholat dan ibadah lainnya, ucapnya.

Masjid ini mulai dibangun pada periode pertama memimpin Kota Subulussalam hingga periode kedua, tentunya masih banyak kekurangan yang perlu dibantu provinsi.

Pembangunan ini bersumber dari dana otsus dan bantuan dari dermawan yang secara ikhlas menyumbang untuk masjid ini, ungkap Sakti.

Dalam kesempatan itu juga Walikota memohon kepada Plt Gubernur Aceh agar merealisasikan pembangunan kanal lae mate untuk mengurangi banjir,  pembangunan ruas jalan kuala kepeung Kecamatan Rundeng-Krueng Luas Trumon Aceh Selatan dan jalan Gelombang Kecamatan Sultan Daulat -  Muara Situlen Aceh Tenggara, pintanya.

Sakti juga menambahkan bahwa jembatan Dah akan dibangun dengan anggaran sebesar 21 miliar yang bersumber dari dana Doka sementara untuk jembatan pelayangan telah diusulkan ke Presiden namun belum ada kabar, tuturnya.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan dihadapan pejabat Pemko  dan masyarakat Kota Subulussalam apabila pembangunan didasari atas cinta maka pasti akan terwujud.

" Ikatan dan tali persaudaraan  antar masyarakat Subulussalam yang berjalan baik dan kokoh mesti disyukuri, " sebutnya.

Wujud masjid agung.Subulussalam sungguh megah dan menakjubkan sehingga saya terkejut, ucapnya.

Nilai-nilai luhur  masjid sebagai tempat yang memberikan kedamaian dan kesejukan perlu kita implementasikan untuk aktivitas sholat, ibadah dan kegiatan sosial lainnya.

" Selain sebagai tempat sholat, jadikan masjid sebagai pusat pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan kegiatan yang bisa menyelesaikan persoalan dunia, yang penting sesuai syar'i, ajak Gubernur.

Nova juga mengingatkan dari masjid akan bisa wujudkan masyarakat yang madani sebagaimana Aceh yang bersyariat islam. " Mari memakmurkan masjid, " pintanya.

Masjid bukan saja untuk ibadah namun juga untuk sarana penguatan ekonomi umat dan ukhuwah islamiyah juga menjadi benteng aqidah dalam penguatan islam. " Benteng ini harus kokoh dan kuat, " sebutnya.

Diakhir sambutannya, Plt Gubernur Aceh mengingatkan kepada semua pihak  yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan masjid, yakni pertama, masalah keuangan dan pembiayaan, kedua, manajemen pengelola harus modern dan transparansi, ketiga penguatan aspek jamaahnya,  keempat, mengisi kegiatan masjid (program)..

Nova menegaskan untuk kesekian kalinya dalam penyampaiannya   " Subulussalam sebagai benteng islam di Aceh agar diperkuat dan dikokohkan, " pintanya.

Tampak hadir, Walikota Terpilih, Pimpinan DPRK Subulussalam, Ketua MPU Kota Subulussalam, Dandim 0118/Subulussalam, Kapolres Aceh Singkil, Perwakilan Kejari Subulussalam, Sekda. Asisten, Kepala SKPK, Camat, Keuchik, Pimpinan Dayah, Tokoh Masyarakat dan tokoh adat.