TNI Manunggal Membangun Desa

Kategori : Berita Kota Kamis, 09 Mei 2019 - Oleh admkota

TNI Manunggal Membangun Desa

Ditulis oleh Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf. Winarko, S. Ag. M. Trhan

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik  (9/5) 

 


Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (“UU TNI”) telah mengatur tentang peran Tentara Nasional Indonesia (“TNI”) sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara,mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas pokok dilakukan dengan:
a. Operasi militer untuk perang.
b. Operasi militer selain perang, yaitu untuk:
    1. mengatasi gerakan separatisme bersenjata;
   2. mengatasi pemberontakan bersenjata;
   3. mengatasi aksi terorisme;
   4. mengamankan wilayah perbatasan;
   5. mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis;
   6. melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
   7. mengamankan Presiden dan wakil presiden beserta keluarganya;
   8. memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai          dengan sistem pertahanan semesta;
   9. membantu tugas pemerintahan di daerah;
 10. membantu kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan          ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang;
 11. membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala dan perwakilan pemerintah           asing yang sedang berada di Indonesia;
 12. membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan       kemanusiaan;
 13. membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); serta
 14. membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap               pembajakan, perompakan, dan penyelundupan.

Yang dimaksud dengan membantu tugas pemerintah di daerah adalah membantu pelaksanaan fungsi pemerintah dalam kondisi dan situasi yang memerlukan sarana, alat dan kemampuan TNI untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi, antara lain membantu mengatasi akibat bencana alam, merehabilitasi infra struktur, serta mengatasi masalah akibat pemogokan dan konflik komunal.

Jadi, TNI mempunyai tugas membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dalam masyarakat, antara lain membantu mengatasi akibat bencana alam, merehabilitasi infra struktur, serta mengatasi masalah akibat pemogokan dan konflik komunal.

Apa Itu Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)?
TNI Manunggal Membangun Desa (“TMMD”) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

https://www.youtube.com/watch?v=PVSCEseEbJc