Istri Plt. Gubernur Aceh Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Kota Subulussalam

Kategori : Berita Kota Rabu, 15 Mei 2019 - Oleh admkota

Istri Plt. Gubernur Aceh Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Kota Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulusalam, info publik- Istri Plt Gubernur Aceh yang merupakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Aceh Ny. Dyah Erti Idawati melantik Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Kota Subulussalam Periode 2019-2024 Ny. Hj. Mariani Harahap, SE, bertempat di Aula Pendopo Walikota Subulussalam, selasa (14/5).

Dalam sambutannya Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Aceh Ny. Dyah Erti Idawati menyampaikan ucapan selamat kepada H. Affan Alfian sebagai Walikota Terpilih yang baru saja dilantik. untuk periode tahun 2019-2024. Semoga di bawah kepemimpinan Bapak Kota Subulussalam dapat lebih berkembang dan lebih maju di masa mendatang.

Saya juga mengucapkan selamat kepada Ibu Hj. Mariani Harahap, SE, semoga dibawah kepemimpinan ibu, PKK dan Dekranasda Kota Subulussalam dapat semakin menunjukkan perannya dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan para pengrajin di Kota Subulussalam yang kita cintai ini.

Tidak Lupa ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ibu Hj. Sartina, SE, M.Si atas segala pengabdian dan kerja kerasnya sebagai Ketua Tim penggerak PKK dan Dekranasda Kota Subulussalam selama dua Periode mulai tahun 1999–2019.

Menurutnya Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) memiliki peran strategis dalam dinamika aktivitas sosial kemasyarakatan di negara kita, sebab keberadaan PKK dan Dekranasda mampu memberikan kontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan, terutama dalam bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, termasuk para Pengrajin, ucapnya.

Khusus untuk Tim penggerak PKK, sebagai mitra Pemerintah yang mengacu pada 10 Program Pokok PKK, sudah banyak kegiatan yang dilakukan dalam upaya mendukung terwujudnya keluarga sejahtera yang kesemuanya itu merupakan landasan bagi pengabdian kader-kader PKK disemua lini.

Oleh sebab itu menjalin kerja sama dan berkoordinasi dengan Instansi dan Lembaga lainnya sangatlah penting dan menjadi tugas Ketua Tim Penggerak PKK untuk mampu mendorong agar program-program Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga dapat berjalan lebih optimal di Kota Subulussalam ini.

Sejalan dengan itu, Dekranasda juga perlu mendorong dan meningkatkan hasil kerajinan rakyat dari daerah, sehingga mampu berbicara di tingkat nasional, bahkan Internasional, khususnya di era globalisasi ini, sehingga dapat menjadi kontribusi bagi pembangunan daerah. Oleh sebab itu, Dekranasda mutlak harus siap menjalankan program yang berkualitas terutama di bidang Kerajinan rakyat di Kota Subulussalam yang sangat terkenal dan kaya dengan khasanah seni serta budayanya, sehingga eksistensi dan peran Dekranasda mendapatkan legitimasi kuat dari seluruh komponen pembangunan.

Tim Penggerak PKK harus mampu membuktikan bahwa PKK punya arti penting bagi masyarakat, karena mampu menjalankan program yang tidak tersentuh oleh pemerintah, dibidang kesejahteraan keluarga. Sesuai dengan target yang akan menjadi sasaran di tahun 2020, masih terdapat 140 gampong di Aceh yang belum tersentuh dengan 10 Program Pokok PKK. Ini hendaknya dapat menjadi perhatian kita semua.

Demikian juga dengan Dekranasda harus mampu menujukkan hasil pembinaan kerajinan rakyat yang berkualitas. Sehingga PKK dan Dekranasda harus siap tampil sebagai agen informasi dan agen pembaharu dalam pembangunan daerah.

Guna mendukung semua ini, kita harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap mental agar dapat mengikuti perkembangan sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat. Harapan inilah yang dapat dijalankan oleh Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kota Subulussalam dibawah kepemimpinan Ibu Hj. Mariani Harahap 5 tahun mendatang.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Aceh tanggal 9 Desember 2014, telah disepakati bersama dengan Dinas Terkait, bahwa kita akan memprioritaskan 3 isu krusial dan perlu penanganan bersama saat ini yaitu:
1. Aksi Cegah Stunting, Karena Aceh menduduki urutan ke 3 nasional untuk angka stunting, khususnya Balita.
2. Aksi Revitalisasi Gotong Royong, karena Budaya ini dirasa sudah hilang, selain juga perlu upaya untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan Sosial dan Solidaritas.
3. Aksi Cegah Bahaya penggunaan Gadget bagi anak dan orang tua.

Ny. Dyah Erti Idawat meminta kepada Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kota Subulussalam untuk Periode 5 tahun ke depan, agar dapat memberi perhatian terhadap hal-hal sebagai berikut:

Pertama, hendaknya dapat lebih bekerja keras dalam memasyarakatkan PKK dan Dekranasda sebagai gerakan dari arus bawah dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu kita harus bisa memperkuat dan mendukung gerakan–gerakan pembangunan kesejahteraan keluarga melalui karya dan program nyata.

Kedua, berperan aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih tahu keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dan Dekranasda dalam rangka memberdayakan dan meningkatan kesejahteraan keluarga
dan para Pengrajin.

Ketiga, memberikan motivasi dan menggugah kesadaran masyarakat untuk mengetahui, memahami serta terlibat aktif dalam kegiatan PKK dan Dekranasda di Kota Subulussalam.
Keempat, mampu membangun citra positif gerakan PKK dan Dekranasda guna membangkitkan kepercayaan dari mitra kerja, baik pemerintah maupun stakeholders pembangunan lainnya.

Diakhir sambutanny Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Dan Dekranasda Aceh Ny. Dyah Erti Idawati  meminta kepada Walikota pada saat menyusun Peraturan Walikota dalam penggunaan Dana Gampong yang saat ini lumayan besar jumlahnya, agar dapat memperhatikan, meningkatkan dan memprioritaskan dana untuk kegiatan Tim Penggerak PKK Gampong yang menjadi ujung tombak dalam membina Keluarga sebagai warga binaan PKK, termasuk kegiatan para pengrajin, dimana keberhasilannya dapat menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan suatu Gampong, sebutnya.

Turut hadir, Walilkota Subulussalam H. Affan Alfian, Sekda Kota Subulussalam Ir. Taufik Hidayat, MM, Asisten, Kepala SKPK, Camat, ibu-Ibu PKK Kecamatan dan Kampong.