• Tanggal: 19 September 2019

Walikota Launching Program Subulussalam Smart City

Kategori : Berita Kota Rabu, 29 Mei 2019 - Oleh admkota

Walikota Launching Program Subulussalam Smart City

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Pejabat eselon II dan eselon II di Lingkup Pemerintah Kota Subulussalam menyaksikan launching program Subulussalam Smart City oleh Walikota Subulussalam H. Affan Alfian, bertempat di Aula LPSE Setdako Subulussalam, rabu (29/5).

Program Subulussalam Smart City digagas oleh pasangan Bintang Salmaza dalam target 100 hari kerja Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam Periode 2019-2024 yang dilantik pada tanggal 14 Mei 2019 lalu oleh Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Walikota Subulussalam H. Affan Alfian mengatakan dihadapan pejabat yang hadir, dalam menghadapi era digital saat ini, kita tidak bisa berpangku tangan hanya menunggu saja, kita harus berani berinovasi dan berubah mengikuti perkembangan zaman, oleh karenanya program ini kita canangkan agar seluruh laporan dari tingkat SKPK hingga desa memiliki sistem, tegasnya.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan kerja sehingga terciptanya pelaporan yang rapi, cepat dan transparan. Solusinya adalah terintergasinya jaringan antar SKPK, kecamatan dan desa, ucap Bintang.

 

(foto dari kiri GM. PT. ICP Agus, Komisaris Utama PT. PKLE Nazarudin, Walikota H. Affan Alfian, Wakil Walikota Drs. Salmaza, MAP)

Adanya layanan internet dan intranet yang terintegrasi dipusatkan di Dinas Kominfo Kota Subulussalam bisa juga menfilter berita hoax dan konten-konten negatif.

Walikota menyebutkan program Subulussalam Smart City meliputi smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Dikatakannya melalui smart city ini partisipasi masyarakat menjadi optimal. Untuk menindaklanjuti program ini kita akan membentuk Tim Subulussalam Smart City yang melibatkan semua stakeholder di Lingkup Pemko Subulussalam, ungkap Walikota.

Menurutnya untuk mencapai target 100 hari kerja dalam program Subulussalam Smart City Pemerintah Kota Subulussalam melakukan kerjasama dengan PT. Indonesia Comnet Plus dan mitranya PT. Pelabuhan Kuala Langsa Energi.

 

(Foto : Penandatangan MOU Kerjasama Subulussalam smart City oleh  GM. ICP Agus dan Dirut PKLE Her Disaksikan Walikota dan Wakil Walikota)

Diantara target yang dicapai dalam program 100 hari kerja antara lain ; terintegrasinya satu jaringan layanan Internet dan Intranet dalam satu pintu dibawah Dinas Komunikasi dan Informasi, terintegrasinya Layanan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan dan Barang, terintegrasinya sistem e-planning dengan Simda Keungan.

Terintegrasi Layanan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), sistem Informasi Pemantauan Pangadaan Barang dan Jasa (SIP-PBJ), pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), Sistem Informasi Gampong Subulussalam.

Aplikasi Absensi Online dan Monitoring Disiplin Kepegawaian (e-displin), sistem Informasi Arsip Keuangan dan Aset (SIMAKEUDA), sistem Informasi Pelayanan Perizinan (e-perizinan online), dan pajak Billing Warung Kopi, Café, Resto dan Hotel secara Online.

 

(Foto bersama usai penandatangan MOU Kerjasama Subulussalam Smart City)

Untuk memastikan program Subulussalam Smart City bisa terwujud Walikota Subulussalam H. Affan Alfian melakukan penandatangan MOU kerjasama dengan GM. Regional SBU Medan PT. Indonesia Comnest Plus Agus Widya Sentoso dan mitranya Direktur Utama PT. PKLE Hendri. Disaksikan penandatangannya oleh Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP dan seluruh pejabat yang hadir.