Walikota Lepas Jamaah Haji Kota Subulussalam

Kategori : Berita Kota Selasa, 23 Juli 2019 - Oleh admkota

Walikota Lepas Jamaah Haji Kota Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Walikota Subulussalam H. Affan Alfian melepas jamaah haji tahun 2019 asal Kota Subulussalam bertempat di Masjid Agung Subulussalam, selasa (23/7).

Dalam sambutannya Walikota Subulussalam H. Affan Alfian mengucapkan terima kasih kepada Kemenag dan Dinas Syariat Islam Kota Subulussalam yang telah melakukan pembinaan manasik kepada para calon jamaah, sebutnya.

Para calon jamaah haji yang berangkat pada tahun ini patut bersyukur karena masih banyak yang lain menunggu jadwal panggilan, “ selamat semoga menjadi haji yang mabrur, “ ucap. Walikota.

Walikota berpesan agar semua jamaah bisa menunaikan semua rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar sesuai tuntunan syariat islam. Menjaga kesehatan, ukhuwwah dan solidaritas dalam kegiatan haji di tanah suci.

Menjadi haji yang mabrur menjadi harapan semua yang pergi berhaji. Kesalehan diri dalam semua aspek kehidupan para haji wujud haji yang mabrur. “ Semoga kita menjadi haji yang mabrur, “ tuturnya.

Pemerintah Kota memberikan bungong jaro kepada semua calon jamaah haji tentu jangan melihat besarannya namun keikhlasan dan kemampuan daerah bisa berikan semoga bisa bermanfaat, pungkas Walikota.

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Subulussalam Drs. M. Yakub MS, MM menyebutkan dalam laporannya bahwa jumlah jamaah haji asal Kota Subulussalam yang dipanggil tahun 2019 sebanyak 17 orang dari embarkasi Banda Aceh dan embarkasi Medan. satu orang calon jamaah haji tidak berangkat karena meninggal dunia atas nama Almarhumah Kamaliah.

Kegiatan pelepasan ini dilakukan berkat kerjasama Dinas Syariat Islam dengan Kementerian Agama Kota Subulussalam. Sebelum dilakukan pelepasan tentunya instansi terkait yakni Dinas Syariat Islam dan Kementerian Agama juga telah melakukan bimbingan manasik haji kepada para calon jamaah haji, sebutnya.

Semoga wawasan dan pengetahuan pada saat manasik haji bisa membantu para calon jamaah haji dalam menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci, “ Semoga menjadi haji mabrur,” pungkasnya.

Sementara Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam mewakili Kepala Kantornya H. Marwan Z, S. Ag. MM menjelaskan bahwa Kemenag sesuai tupoksi dan amanah undang-undang telah melakukan pembinaan kepada calon haji dari tingkat kecamatan hingga di tanah suci menjadi tanggungjawab Kementerian Agama.

Kemenag telah melakukan perbaikan dalam layanan ibadah haji dari bimbingan calon jamaah hingga persoalan layanan kesehatan, transportasi, hotel dan lain-lain. Tentu ikhtiar ini dilakukan untuk kebaikan dalam rangkaian ibadah haji.

Calon jamaah haji tak perlu kuatir dalam rangkaian kegiatannya di tanah suci akan banyak petugas yang membantu dalam semua sektor.

H. Marwan berpesan agar jamaah haji tetap menjaga diri, menjaga etika dan sopan santun demi nama baik Indonesia dimata dunia, pintanya.

Turut hadir, Kajari Kota Subulussalam, Ketua MPU Kota Subulussalam, Dandim 0118/Subulussalam, Perwakilan Mahkamah Syariah Kota Subulussalam, Kepala SKPK, Camat dan para tokoh masyarakat.