Pemko Gelar Peringatan HAN

Kategori : Berita Kota Kamis, 12 September 2019 - Oleh admkota

Pemko Gelar Peringatan HAN

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Pemko Subulussalam menggelar Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 bertempat di aula Dinas Pendidkan Kota Subulussalam komplek perkantoran Pemko, kamis (12/9).

Penampilan Tari Ranup Lampuan oleh siswi SMPN I Simpang Kiri mengawali pelaksanaan Hari Anak Nasional yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Subulussalam.

Dalam laporannya, Kepala Dinas P3AKB Nurul Akmal, SE. MM menyebutkan bahwa dalam rangka hari anak nasional dinas telah menyelenggarakan perlombaan dari tingkat TK hingga SMA sederajat, sebutnya.

Ada empat kegiatan yang dilombakan yakni perlombaan hafalan surat-surat pendek untuk tingkat TK/PAUD, perlombaan membaca teks proklamasi dan pembukaan UUD 1945 untuk tingkat SD sederajat.

Perlombaan melukis dan mewarnai untuk tingkat SMP sederajat, dan perlombaan pidato Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA sederajat.

Perlombaan kita gelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami isi kandungan ayat Al quran dengan bersikap sesuai quran, meningkatkan wawasan umum, keagamaan, dan sikap nasionalis, pungkas Nurul Akmal.

 

( Foto : Kepala Dinas P3AKB Nurul Akmal, SE. MM sedang menyampikan laporan )

Dengan digelarnya HAN diharapkan kita semua memiliki tanggungjawab terhadap perkembangan anak-anak kita agar kedepan mereka menjadi generasi emas Indonesia, ucapnya.

Walikota Subulussalam H. Affan Alfian mengingatkan kita bahwa anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu dibina, dipupuk untuk menjadi generasi emas, ucapnya mengawali kata sambutannya.

Tantangan anak-anak saat ini sangat berat, tehnologi modern tanpa batas dan ruang bisa diakses oleh mereka. “ Akses informasi ada yang bersifat positif dan juga negatif, “ ungkapnya.

Kekhawatiran kita adalah pengaruh negatifnya teknologi informasi dan komunikasi. “ Seks bebas, game online yang bisa mempengaruhi akal sehat menjadi rusak, “ pungkas H. Affan Alfian.

Kita semua harus mampu membentengi mereka dengan kegiatan yang bermanfaat dan tentu yang lebih utama adalah peran orang tua dalam meningkatkan keimanannya.

Diakhir kata sambutannya Walikota berharap anak Subulussalam, anak Aceh dan anak Indonesia bisa berbakti kepada orang tua, agama dan bangsa

 

( Foto : Penampilan Puisi Forum Anak asal SMAN Unggul Subulussalam )

Disela-sela acara siswa-siswi SMAN Unggul menampilkan puisi dengan judul “ Kami juga Indonesia. “

Dalam bait puisinya forum anak menyampaikan perasaan sebagai anak sebagai berikut :

Hari ini ku genggam suaraku
Hari ini ku tuntut hakku
Untukku, untukmu dan anak Indonesia
      Aku porak poranda
      Hakku diabaikan
      Anak jalanan hidup sembarangan
      Mengais makanan sisa di jalanan
Ditangan kami masa depan Indonesia
Dipundak kami peradaban selanjutnya
Jagalah kami lindungi hak kami
Dengarkan suara kami
      Ayah bunda
      Kami juga Indonesia
      Ku mohon rangkullah kami
Ayah bunda
Kami anak Indonesia
Harta Indonesia selanjutnya

Alunan musik mengiringi puisi yang dibacakan oleh forum anak asal SMAN Unggul Subulussalam bait demi bait dibacakan sungguh menggugah jiwa sang ayah dan sang bunda yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

( Foto Bersama Walikota dan istri , Wakil Walikota dan istri bersama ara pemenang perlombaan )

Selain tarian ditampilkan, pidato juga ditampilkan oleh pemenang juara satu pidato Bahasa Indonesia oleh Teza Syahruddin asal SMKN 02 Simpang Kiri dengan judul kebudayaan dalam partisipasi anak di Subulussalam.

Pemenang juara I lomba menghafal ayat-ayat pendek adalah m. Aufal Al froq asal TK Melati Muda. Juara II Aqila Ramadhan Azzahra asal TK BIna Insani dan Juara III M. zul Faturrafa asal TK Ar Rahmah.

Pemenang juara I lomba membaca Teks Proklamasai dan Pembukaan UUD 1945 adalah keyna Ivana asal SDN 2 Subulussalam, juara II Aisya Salsabila asal SDN 6 Subulussalam, dan Juara III Nuri asal SDN 4 Subulussalam.

Pemenang juara I lomba melukis dan mewarnai adalah Aulia rahmayani asal SMPN I Simpang Kiri, juara II Cita Sundali asal SMPN 3 Penanggalan dan juara III Sahrul Ramadan asal SMP Muhammadiyah.

Pemenang juara I lomba pidato Bahasa Indonesia adalah Teza Syahruddin asal SMKN 2 Simpang Kiri, juara II Rika Azzahra asal SMA Plus Muhammadiyah dan juara III Armelia asal SMAS Raudhotul Jannah.

Turut hadir, Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, Ketua Mahkamah Syariah Kota Subulussalam, Wakapolres Aceh Singkil Kompol Sutan Siregar, Ketua MPU Drs. Azharuddin Paetek.

Pasi Intel Kodim 0118/Subulussalam Kapten Inf. Tomy, Ketua TP PKK Hj. Mariani Harahap, Wakil Ketua TP PKK Rahmadiany, MAP, Kejari Kota Subulussalam diwakili Analis Penuntutan Mutiara Purnama Sari E, A. SH, anggota MPD Ir. Muzakkir, Kepala SKPK, Kepala Bank Aceh Subulussalam, dan Kepala BSM Subulussalam.