MTsN I Kota Subulussalam Gelar Simulasi Ujian Semester Berbasis Android

Kategori : Berita Kota Selasa, 26 November 2019 - Oleh admkota

MTsN I Kota Subulussalam Gelar Simulasi Ujian Semester Berbasis Android

Repoter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Madrasah Tsanawiyah Negeri I Kota Subulussalam menggelar simulasi ujian semester berbasis android dengan diikuti 468 siswa-siswi dari kelas 7 hingga kelas 9, selasa (26/11/2019).

Pelaksanaan simulasi ujian semester berbasis android kita gelar untuk menindaklanjuti kebijakan Kemenag Wilayah Aceh menerapkan ujian semester online, pungkas Kepala MTs Negeri I Kota Subulussalam Suherman, S. PdI.

Dikatakannya, ujian semester online berbasis android kita gelar kebanyakan kita telah memiliki ponsel berbasis android kalau kita menggunakan komputer atau laptop tentu mengalami keterbatasan karena masih belum banyak yang memiliki perangkat tersebut termasuk pihak sekolah, pungkasnya.

 

(Foto : Situasi para siswi sedang mengikuti simulasi)

Kita telah menyurati wali murid terkait ujian semester berbasis online yang dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 14 Desember 2019 mendatang, dan hari ini kita gelar simulasi untuk persiapan ujian tersebut, sebutnya.

Apabila siswa menggunakan laptop atau komputerpun bisa, namun kali ini kita uji kekuatan perangkat pendukung dengan menggunakan android. Kita uji server dan jaringannya apakah mampu menampung proses kegiatan ini, katanya.

Perlu diketahui bahwa program ujian semester berbasis online adalah kebijakan Kanwil Kemenag Aceh untuk meningkatkan kapasitas dan mengetahui kemampuan anak didik sekaligus kemampuan kompetensi guru agar menjadi catatan darimana perbaikan dimulai untuk meningkatkan mutu.

 

(Foto : Para siswa sedang mengikuti simulasi)

Ujian online ini juga sebagai ajang membiasakan siswa dalam menghadapi ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi bagi siswa yang belajar dibawah Kementerian Agama. Ujian berbasis online dapat menekan resiko kesalahan, uji kejujuran, hemat anggaran dan soal lebih mudah dikerjakan, ungkapnya.

Suherman juga menyebutkan bahwa kegiatan simulasi ini memanfaatkan jaringan yang kita siapkan oleh tim IT kita. Tim IT atau Proktor dan Teknisi dari dewan guru yakni Hasan Basri, Misardi Kamil dan Candra Sihotang.

Sementara kelas yang gunakan adalah empat kelas untuk kelas 8 dan kelas 9 sementara kelas 7 dilakukan di laboratorium komputer dengan sistem ujian dua shift.

 

 (Foto : format user password peserta dari hp android)

Prosesnya adalah siswa membuka hp berbasis android dengan menghidupkan wifi menghubungkan koneksi wifi akses sekolah yang tersedia. Seterusnya siswa membuka chrome atau aplikasi sejenisnya kemudian ketik ip server yang tersedia lalu muncul halaman login, dan siswa mengisi user dan password.

Turut menyaksikan pegawai Kemenag Kota Subulussalam Abdullah mewakili Kakan Kemenag Kota Subulussalam, Pengawas Sekolah dari Kemenag Kota Subulussalam Aab Syihabudin, MA dan Mustafa, S. Ag