• Tanggal: 16 September 2019

Pemko Gelar Rakor Tim Satgas Saber Pungli

Kategori : Berita Kota Kamis, 22 Agustus 2019 - Oleh admkota

Pemko Gelar Rakor Tim Satgas Saber Pungli

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Sejumlah tim siber pungli mengikuti rakor tim Saber Pungli bertempat di Aula LPSE Setdako Subulussalam, kamis (22/8).

Mengawali kata sambutan Inspektur Kota Subulussalam Drs. Salbunis, MAP  menyebutkan kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan perdana. Persoalan ketersediaan anggaran itulah penyebab kendala kita gelar, sebutnya.

Kita akan upayakan ditahun mendatang agar masing-masing bidang dan pokja untuk membuat usulan program dan kegiatan yang akan kita usulkan pada tahun anggaran 2020.

Inspektor sebagai lembaga pengawas internal daerah juga membantu KPK dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi tentu akan berkoordinasi dengan pihak penegak hukum lainnya dalam melakukan tindkan sesuai aturan yang berlaku, tegas Salbunis.

 

( Foto : Tim sedang mendengarkan paparan narsum )

Waka Polres Aceh Singkil selaku Ketua Pelaksana Saber Pungli Kota Subulussalam Kompol Sutan Siregar menegaskan kegiatan koordinasi  bertujuan untuk memperkuat koordinasi antar instansi yang ada dalam  tim.

Unsur anggota dari berbagai satuan tentu perlu saling mengenal dan mengetahui bagaimana langkah atau metode untuk melakukan tindakan.

Dikatakannya, potensi perilaku pungutan liar atau pungli dibeberapa instansi sudah terdeteksi dan kita tahu. Tentu kita tidak berharap di Kota Subulussalam perilaku pungli ini menjadi pekerjaan. Apabila perilaku itu sudah menjadi pekerjaan dan merugikan orang lain maka perlu ditindak, tegas Kompol Sutan Siregar.

Modus-modus pungli sudah kita paham, untuk itu pencegahan menjadi prioritas kita dalam menangani pungli, tindakan keras bisa dilakukan melaui OTT. Tim Saber Pungli lebih kita mengedepankan pencegahan agar mainset pungli bisa hilang, harapnya.

 

( Foto depan : Pasi Intel Kodim, Kasubbag Pembinaan Kejari, Walikota, Wakapolres dan Wakil Walikota)

Untuk menghasilkan hasil kerja tim, menurut kompol Sutan perlu dilakukan penyesuaian tim, “ jangan terlalu gemuk orang didalam tim namun disesuaikan kebutuhan. “

Ia juga berharap kedepan masing-masing bidang dan kelompok kerja perlu membuat standar operasionalnya sehingga tim bekerja maksimal, dan tentu yang lebih penting adalah ketersediaan dana, ucapnya.

Menanggapi penyampaian Ketua Pelaksana Harian Saber Pungli, Walikota Subulussalam H. Affan Alfian terkait dukungan anggaran, ia sangat mendukung dan dianggarkan di tahun 2020. Begitupun dengan Wakil Walikota Drs. Salmaza, MAP mendukung penyampaian Walikota. Dengan adanya saber pungli berharap perilaku pungli aparat di Kota Subulussalam tidak ada, ucapnya.