Walikota Buka Dialog PT. Atmo Daya Energi Dengan Stakeholder Pemko

Kategori : Berita Kota Jumat, 28 Juni 2019 - Oleh admkota

Walikota Buka Dialog PT. Atmo Daya Energi Dengan Stakeholder Pemko

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik-Walikota Subulussalam H. Affan Alfian membuka sesi dialog PT. ADE dengan stakeholder lingkup Pemerintah Kota Subulusssalam, bertempat di aula LPSE, jumat (28/6).

Asisten II Setdako Subulussalam Lidin, SH menyebutkan pertemuan yang kita gelar adalah untuk mendengarkan paparan PT. ADE yang dilanjutkan dialog antar stakeholder yang ada di Kota Subulussalam, ucapnya.

Dalam kesempatan ini perlu disampaikan bahwa PT. ADE menawarkan investasi di Kota Subulussalam berupa pembangunan proyek PLTA yang rencana diletakkan di Kampong Pasir Belo Sultan Daulat.

PT. ADE bersama konsorsium  Hyundai Engineering dan Construction - Saman Corporation apabila disetujui dalam perencanaan tersebut maka pasti ada dampak positifnya begitu juga ada dampak negatifnya.

Sejarah akan mencatat apabila ini terwujud maka Pemerintahan Bintang Salmaza menoreh sejarah dengan investasi sekira 3,6 Triliun dengan daya 126 MW. Ini investasi yang luar biasa, sebutnya.

Namun begitu kita harus memperhatikan adanya PLTA tersebut apakah bisa meningkatkan PAD, memberdayakan tenaga kerja lokal dan dampak lingkungannya harus diperhatikan, ungkapnya.

Mr. Kim perwakilan dari Saman Corporation menyampaikan secara singkat dalam sambutannya menyebutkan apabila masyarakat Subulussalam menerima proposal kami maka akan ditindaklanjuti. Konsorsium perusahaan Saman dan Hyundai adalah perusahaan besar yang biasa menangani pembangunan energi seperti pembangunan PLTA dibeberapa wilayah di Indonesia dan di negara lainnya.

“ Subulussalam menjadi incaran investor, “ sebut Walikota Subulussalam mengawali kata sambutannya.

Subulussalam telah menjadi daya tarik sendiri karena memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa padahal kita baru lahir, sebutnya.

Dibidang perkebunan telah hadir beberapa pabrik kelapa sawit, dan HGU. Dalam kesempatan ini hadir dihadapan kita investor dibidang energi tepatnya pembangkit listrik tenaga air.

Paparan Direktur PT. ADE Bapak Mukmin Widyo Prawiro dan konsorsiumnya akan kita dengarkan bersama dengan seksama. Kita pasti mendapatkan dampak positif dari investasi tersebut begitu juga dengan dampak negatifnya.

Melalui dialog antar stakeholder dengan konsorsium investor energi diharapkan bisa menghasilkan kajian yang luar biasa dan proyek tersebut bisa berjalan dengan baik, pinta Walikota.

Dalam dialog yang dipandu Kabag Perekonomian Setdako Subulussalam Rano Saraan, SE Direktur PT. ADE Mukmin Widyo Prawiro menjelasakan secara detail terkait rencana pembangunan PLTA dihadapan stakeholder pemko.

Dialog yang konstruktif antar pihak PT. ADE dengan stakeholder luar biasa hidup dengan penyampaian aturan hukum, dampak lingkungan dan lain sebagainya.

Pantauan jurnalis sangat disayangkan karena waktu yang sempit dialog tersebut harus ditutup karena harus melaksanakan sholat jumat.

Dalam penyampaiannya Kabag Perekonomian akan membentuk tim terkait proposal yang diajukan PT. ADE sebagai tindaklanjut dalam pertemuan tersebut, ucapnya.

Turut hadir, Wakil Walikota, Anggota DPRK Dapil Sultan Daulat, Sekda, Para SKPK terkait, Camat Sultan Daulat, Perwakilan BKSDA ACEH, KPH Wil VI, PLN.