Peran Aktif PMI Dibutuhkan Dalam Membantu Penanggulangan Bencana

Kategori : Berita Kota Sabtu, 08 Februari 2020 - Oleh admkota


Peran Aktif PMI Dibutuhkan Dalam Membantu Penanggulangan Bencana

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Mengawali acara Qoriah Zikriatul Mahmudah membacakan ayat suci Al quran, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI oleh relawan PMI Kota Subulusssalam.

Walikota Subulussalam H. Affan Alfian menyebutkan bahwa peran aktif PMI dibutuhkan dalam membantu penanggulangan bencana, hal tersebut dikatakannya pada saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus PMI Kota Subulussalam periode 2019-2024 bertempat di Aula Hotel Hermen One, sabtu (8/2/2020).

Walikota menyebutkan pemerintah memiliki instansi yang membidangi penangggulangan bencana juga instansi lainnya dalam layanan publik tentu kehadiran PMI juga sangat dibutuhkan, pungkasnya.

Dalam penanggulangan bencana di daerah tentu bukan saja tugas pemerintah namun partisipasi dan keterlibatan masyarakat dan organisasi lainnya dalam membantu penanggulangan bencana termasuk PMI, sebutnya.

Kondisi Kota Subulussalam yang rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, kebakaran dan gempa perlu kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana termasuk PMI.

PMI harus bisa membangun organisasinya dengan baik, melakukan pembinaan dan pengkaderan relawan dari Palang Merah Remaja di tingkat sekolah dasar hingga atas juga unit-unit kesehatan di pergurun tinggi.

Para stakeholder seperti instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam penanggulangan bencana, dinas kesehatan, dinas sosial dan instansi terkait lainnya untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana dan penanggulangannya.

“ PMI harus bisa hadir dalam berbagai kesempatan.agar eksistensi PMI itu berperan untuk masyarakat, “ ucapnya.

Terkait keberadaan unit transfusi darah di Kota Subulussalam untuk kebutuhan wilayah Aceh Singkil, Kota Subulussalam dan Aceh Selatan Pemerintah Kota Subulussalam sangatlah mendukung keberadaannya , tuturnya.

Ada tiga program utama PMI, sebut Ketua PMI Aceh Alaidinsyah mengawali kata sambutannya. Pertama, membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, kedua, menghimpun dan memproses darah, ketiga, melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan sosial lainnya.

Dikatakannya dalam rangka membantu pemerintah PMI harus mampu bekerjasama dengan BPBD yang menangani bencana dan instansi terkait lainnya. Hal itu guna membangun kemitraan dalam rangka bersama-sama membantu penanggulangan bencana di daerah, sebutnya.

Setelah enam jam maka relawan PMI harus bisa hadir dalam setiap bencana untuk ikut serta membantu. Kesiapsiagaan bencana perlu kita diperhatikan sehingga semua relawan bisa menyadari fungsinya.

Kota Subulussalam sangatlah strategis berada diantara Aceh Selatan dan Aceh Singkil maka keberadaan Unit Tranfusi Darah di Subulussalam sangat kami dukung, katanya.

Sementara tekait sosialisasi kesehatan dan sosial lainnya oleh relawan PMI perlu digerakkan dan digalakkan. Kerjasama PMI dengan stakeholder tentu sangatlah penting sehingga masyarakat bisa mengambil manfaat peran PMI di daerah, ungkapnya.

Kantor PMI sudah dibangun di Kota Subulussalam termasuk mobil operasional dan ambulance PMI untuk bisa dimanfaatkan, pintanya.

Diakhir sambutannya, Alaidinsyah mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang selalu melakukan kegiatan donor darah sehingga stok darah bisa tersedia, tuturnya.

Sementara itu Ketua PMI Kota Subulussalam Zulyadin, SH dalam sambutannya memohon dukungan semua pihak termasuk instansi pemerintah untuk mendukung program PMI Kota Subulussalam, sebutnya.

Target PMI Kota Subulussalam adalah mengembangkan peran dan fungsi organisasi PMI lebis luas lagi sehingga keberadaannya bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Subulussalam.

Palang Merah Remaja di jenjang tingkatan sekolah akan kita bina dan difungsikan agar semua elemen bisa berkontribusi untuk membantu PMI termasuk unit-unit kesehatan di perguruan tinggi, pungkasnya.

Selanjutnya berharap unit transfusi darah dipusatkan di Kota Subulussalam yang akan menyediakan stok darah untuk wilayah Aceh Selatan, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil, untuk itu mohon dukungan PMI Aceh, pintanya.

Dalam kesempatan itu, PMI Aceh memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Subulussalam H Affan Alfian sebagai Pelindung PMI, dr. Syahyuril sebagai Dewan Kehormatan PMI dan Bahtiar Husen sebagai Mantan Ketua PMI.

Tampak hadir, Ketua DPRK Subulussalam Ade Fadli Pranata Bintang, S.Ked, Ketua TP PKK Subulussalam Hj. Mariani Harahap, Ketua Pengadilan Negeri Singkil H. Hamzah Sulaiman, SH, Ketua Makamah Syar’iyah Kota Subulussalam Aman, S.Ag, Kasdim 0118/Subulussalam Mayor Inf. Ramdhan, SIP.

Kasat Binmas Polres Subulussalam AKP Asmadi, Kasi Barang Bukti Kejari Subulussalam Idham Kholid Daulay, SH, Para Kepala SKPK, para Camat dan Ketua Baitul Mal Kota Subulussalam Ust. Sabarudin.

Adapun Susunan Kepengurusan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Subulussalam Periode 2019 - 2024 adalah Ketua , Zulyadin, SH, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya dr. Supri Nyakdin, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Nukman Suryadi Angkat, SP, Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Donor Darah dr. Muhammad Armansyah.

Wakil Ketua Bidang Relawan Ade Rizky Noviant BR Bintang, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Citra dan Hubungan Antar Lembaga Rahmayani Sari Munthe, S.STP, Sekretaris Suwardi, ST.

Wakil Sekretaris : Aprisan Marbun dan Bendahara Busra, SH, anggota Yusro Jatmiko, S.Pd, Zager Rudi BM, S.IP, Muhammad Yani, Depo Pilar Sitinjak, dr. Albukhari, Sandi Angka.