Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan

Kategori : Berita Kota Selasa, 11 Februari 2020 - Oleh admkota

Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Jajaran Pemerintah Kota Subulussalam mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Subulussalam yang dipimpin oleh Walikota Subulussalam H. Affan Alfian, bertempat di Lapangan Polres Subulussalam, selasa (11/02/2020).

Sebagai Perwira Upacara Kabagops Polres Subulussalam AKP R. Manurung, Komandan Upacara Kapolsek Sultan Daulat Iptu Didit S, Pembaca Doa Kapolsek Longkip Iptu Bahari, S. PdI.

Peserta upacara antara lain personil TNI, personil Brimob, personil Polres Subulussalam, anggota Satpol PP dan WH, anggota Dinas Perhubungan, anggota BPBD, anggota Tagana, anggota PMI dan anggota pramuka dari DKC Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Subulussalam.

Dalam sambutannya Walikota Subulussalam H. Affan Alfian menyebutkan bahwa potensi bencana tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Gempa bumi, banjir, angin puting beliung, kebakaran, tanah longsor dan bencana lainnya perlu kita kesiapsiagaan dalam penanggulangannya, pungkasnya.

Apel yang kita gelar dalam rangka mengevaluasi kekuatan personil dan peralatan yang tersedia untuk antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dan cuaca ekstrim.
“ Semua aparat dan petugas lapangan harus mengerti dan memahami serta harus mampu melakukan tindakan cepat dan tepat saat terjadi bencana” sebutnya.

Disamping itu juga bahwa apel kesiapsiagaan ini adalah untuk menguji apakah rencana kita dapat diterapkan secara operasional atau tidak dalam penanggulangan bencana. Kita perlu mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk membantu masyarakat.

Jika skala bencana meningkat dan perlu dilakukan evakuasi kita harus sudah siap baik personal maupun peralatan yang diperlukan. Perlu diingat bahwa siaga bencana dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas, kenali bahayanya, kurangi resikonya.

Semua pihak harus ikut berperan aktif dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara pemerintah dan non pemerintah dalam upaya pengurangan resiko, tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga Walikota H. Affan Alfian, Wakil Walikota Drs. Salmaza, MAP, Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf. Winarko, Kapolres Subulussalam AKBP Qori Wicaksono.

Ketua Pengadilan Negeri Singkil H. Hamzah Sulaiman dan pejabat lainnya meninjau mobiltas kesiapsiagaan bencana dari kendaraan anti huru hara Brimob, mobil pemadam kebakaran BPBD, mobil dapur umum BPBD dan pasukan upacara.