Baitul Mal Menyalurkan Dana Zakat Dan Infaq Tahap II Tahun 2019

Kategori : Berita Kota Rabu, 22 Januari 2020 - Oleh admkota

Baitul Mal Menyalurkan Dana Zakat Dan Infaq Tahap II Tahun 2019

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Baitul Mal Kota Subulussalam menyalurkan dana zakat dan infaq tahap II Tahun 2019 berlangsung di Aula serbaguna Pendopo Walikota Subulussalam, rabu (22/1/2020).

“ Dengan adanya penyaluran zakat dan Infaq ini bisa mengatasi masalah ekonomi, “ ucap Walikota Subulussalam mengawali kata sambutannya.

Patutlah kita bersyukur bahwa Pemerintah Kota Subulussalam melalui Baitul Mal telah mengumpulkan dana zakat dan infaq yang bersumber dari ASN dan stakeholder lainnya.

Tentu Baitul Mal harus bekerja lebih keras lagi untuk menambah pendapatan zakat dan infaq dari berbagai sumber bukan saja dari ASN. Sumber-sumber itu perlu digali dengan penuh semangat dan kerja keras, pungkasnya.

Sebagai badan yang mengelola zakat dan infaq daerah tentu pengurus Baitul Mal haruslah amanah dan professional, pinta Walikota.

Walikotapun berpesan kepada penerima agar terus bersyukur kepada Allah dan pergunakanlah dana zakat dan infaq dengan sebaik-baiknya, tuturnya.

Dalam laporan yang dibacakan Sekretaris Baitul Mal Adnan, S. Ag menyebutkan bahwa Baitul Mal telah menyalurkan dana zakat dan infaq tahap I Tahun 2019 sebesar Rp 1.477.000.000 dan untuk tahap II akan disalurkan sebesar Rp 770.000.000.

Sementara jumlah penerima dana zakat dan infaq pada tahap I Tahun sebanyak 2.029 Orang dan untuk Tahap II jumlah penerimanya sebanyak 1.674 orang.

Ketua Baitul Mal Kota Subulussalam Ust. Sabarudin, S. S. PdI dalam sambutannya mengingatkan bahwa barang siapa mendonasikan sebagian hartanya maka Allah akan melapangkan kehidupannya di dunia dan di akhirat dan barang siapa yang tidak mendonasikan harta nya maka Allah akan menyempitkan kehidupan nya di dunia dan di akhirat, pungkasnya.

Dikatakannya bahwa pada tahap I penyerahan zakat dan Infaq dilakukan di masjid namun untuk tahap II dilaksanakan di tempat ini sekaligus untuk melaksanakan kegiatan laporan dan pendistribusian Dana Zakat dan Infaq Tahap II Tahun 2019.

Sementara penyaluran zakat dan infaq bagi penerima yang sudah uzur/tua kita salurkan dengan datang langsung ke penerimanya, ucapnya.

Ia pun berharap dengan hadirnya Polres Subulussalam bisa menambah zakat dan Infaq di Kota Subulussalam.

Menurutnya, ketentuan penyaluran zakat dan Infaq di Baitul Mal dilakukan berdasarkan Qanun tentang Baitul Mal. Semua pihak agar dapat bersama - sama mendukung Baitul Mal, pintanya.

Turut hadir, Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP, Dandim 0118/Subulussalam A.n Letkol Inf Winarko S Ag M Tr (Han), Ketua Mahkamah Syar’iyah Kota Subulussalam Aman, S.Ag, Asisten Pemerintahan Drs. M. Yakub, MM, Perwakilan Polres Subulussalam, dan Perwakilan Kejari Subulussalam.